Ini 3 Pesan Penting Jokowi di HUT Bhayangkara ke 76

Presiden Joko Widodo memimpin jalannya Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara Tahun 2022 yang digelar di Lapangan Bhayangkara, Akademi Kepolisian, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa, 5 Juli 2022. (Foto : BPMI Setpres RI)

Semarang (Sigijateng.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Polri mengawal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 dan Pemilu 2024.

“Keluarga besar Bhayangkara yang saya banggakan, banyak agenda nasional lain yang harus didukung oleh Polri,” kata Jokowi saat memberikan amanah sebagai Inspektur Upacara HUT ke-76 Bhayangkara di Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

Pertama, kata Jokowi, pembangunan ibu kota negara. Menurut Presiden, pindah ibu kota adalah pindah cara kerja untuk membangun motor kemajuan Indonesia ke depan. Untuk itu, Polri harus mengawal agar dapat berjalan lancar dan tepat waktu.

“Kedua, agenda G-20 yang sudah berlangsung dan harus terus dikawal, puncaknya nanti adalah KTT G-20 di bulan November di Bali yang akan dihadiri oleh para kepala negara anggota-anggota G-20,” ujar Jokowi.

Ketiga, lanjut Jokowi, agenda besar demokrasi Pemilu 2024 yang terdiri dari pemilihan legislatif (pileg), pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak harus diantisipasi dengan baik. “Berikan dukungan kamtibmas secara maksimal agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan baik,” tegas Jokowi.

Selain itu, Jokowi meminta Polri siaga, waspada dan siap dalam menjalankan tiga tugas berat yang sedang dihadapi bangsa dan negara Indonesia.

Pertama, pandemi Covid-19 masih perlu penanganan yang serius. Ia minta Polri selalu siaga dalam penanggulangan Covid-19. Kedua, Jokowi meminta semua pihak waspada terhadap ketidakpastian global, krisis energi, krisis pangan dan krisis keuangan.

Oleh sebab itu, Polri harus memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar bangsa dan negara Indonesia lebih kokoh dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

“Ketiga, kita harus semakin siap dalam menghadapi ancaman kejahatan berbasis teknologi terbaru. Oleh sebab itu, Polri harus lebih maju dibandingkan pelaku kejahatan. Polri harus terus berinovasi dan meningkatkan penguasaan teknologi,” ujar Jokowi.

Diketahui, Presiden Jokowi yang hadir bersama Iriana Joko Widodo disambut Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. HUT ke-76 Bhayangkara tahun 2022 bertema “Polri Yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” juga dihadiri Presiden Ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Ke-6 Try Soetrisno, Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz, serta Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla. (Red)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here