Ingin Mengemudi Hemat BBM, Yuk Ikuti Lima Langkah Jurus Jitu Berikut Ini

Suasana arus mudik lebaran di jalur Pantura Batang. Foto : vian / sigijateng.id

Semarang (Sigijateng.id) – Beberapa waktu lalu, harga bahan bakar minyak (BBM) yang mengalami kenaikan. Namun hal itu bisa disikapi dengan gaya mengemudi hemat BBM. Dengan cara ini, bukan tak mungkin kita dapat melakukan hemat BBM. Tapi pastikan juga kondisi mobil Anda selalu prima, mulai mesin, kaki-kaki, sampai bagian body atau eksterior.

Mengutip Auto2000, berikut ini lima jurus jitu cara mengoptimalkan mengemudi hemat BBM.

1. Mengurangi rem mendadak

Kurangi kebiasaan rem mendadak. Sebab, sadar atau tidak, manuver rem mendadak dapat memicu konsumsi bahan bakar lebih banyak akibat otomatis kecepatan mobil berkurang secara drastis. Hal ini memerlukan energi besar untuk bergerak lagi. Jika hal ini berulang terus-menerus maka konsumsi BBM cenderung boros.

Baik pada mobil bertransmisi automatic maupun manual, manuver rem mendadak perlu dihindari jika hendak mengejar efisiensi konsumsi bahan bakar.

2. Tidak melakukan akselerasi spontan

Pada mobil bertransmisi matic, point satu ini kerap disebut dengan kick down. Selain dapat membuat bahan bakar terbuang percuma, akselerasi spontan juga dapat membuat boros ban.

Boros bahan bakar akibat akselerasi spontan atau mendadak bisa terjadi baik di mobil bertransmisi manual maupun automatic sekalipun. Sebaiknya selalu perlahan dalam menekan pedal gas agar bahan bakat efisien dikonsumsi mesin.

3. Berangkat lebih awal

Sadar atau tidak, dengan berangkat lebih awal dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Sebab dengan berangkat lebih awal Anda tak perlu tergesa-gesa atau memacu kendaraan lebih cepat.

Dengan demikian konsumsi bahan bakar yang dikonsumsi mesin lebih efisien. Sebab kecepatan yang dapat diraih karena memiliki waktu lebih awal dalam perjalanan dapat lebih rendah dan konstan.

4. Tidak mengemudi agresif

Sudah pasti gaya mengemudi agresif sangat sulit untuk menciptakan kehematan bahan bakar yang efisien. Bahkan gaya mengemudi agresif juga menjadikan peluang terjadinya kecelakaan lalul intas lebih tinggi.

Contoh ketika melaju di jalan tol yang lengang, jangan tunggu lama hingga mesin “teriak” dan putaran mesin tinggi baru mengoper ke gigi yang lebih tinggi. Jika hal tersebut dibiarkan, maka konsumsi bahan bakar cenderung lebih boros.

5. Jaga jarak dengan kendaraan di depan

Untuk menghindari rem mendadak maka sebaiknya beri ruang atau jarak aman dengan kendaraan di depan.

Jika kendaraan di depan melambat maka Anda hanya perlu melepas pedal gas perlahan dahulu dan manfaatkan engine brake. Barulah jika kondisi memang sudah waktunya diperlukan rem maka tekan pedal rem perlahan.

Itulah sejumlah jurus jitu untuk dalam mengemudi hemat BBM yang bisa dilakukan. Namun sekali lagi jangan lupa bahwa kunci kehematan bahan bakar adalah dengan menjaga kondisi mesin mobil selalu dalam kondisi prima. (Dye)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here