HUT ke 28, Sekolah Nasima Merintis Boarding School dan Luncurkan Dua Buku

Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd (depan kiri) menyerahkan potongan tumpeng kepada Koordinator Pengelola Rintisan Nasima International Boarding School, Ahmad Mundzir MAg pada acara Tasyakuran HUT Ke-28 YPI Nasima Semarang, belum lama ini. ( foto dok nasima)

SEMARANG (Sigijateng.id) – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-28 Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nasima Semarang, diluncurkan dua buka dan merintis berdirinya boarding school.

Peluncuran dua buku berisi tulisan warga YPI Nasima ditandai penyerahan buku dari koordinator penulis, Hj Dwi Astuti SPd MM dan Taryadi MPd kepada Ketua Dewan Pembina KH Hanief Ismail Lc, belum lama ini.

Sedang peresmian berdirinya rintisan boarding school ditandai pembacaan Surat Al-Fatihah dan pemotongan tumpeng oleh Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd diserahkan kepada Koordinator Pengelola Rintisan Nasima International Boarding School (NIBS), Ahmad Mundzir MAg

Upacara tasyakuran HUT Ke-28 Nasima mengusung tema “Dua Puluh Delapan Tahun Sekolah Nasima; Synergy, Commitment, Consistent”. 

Acara dilaksanakan secara kombinasi, yaitu secara tatap muka terbatas yang disiarkan langsung melalui Microsoft Teams dan Youtube Sekolah Nasima. Acara secara tatap muka terbatas digelar di Aula Kaimana Kampus Merah Putih SMA Nasima Jalan Yos Sudarso 17 Arteri Utara Kota Semarang. Protokoler kesehatan diterapkan ketat, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan sebagainya.

Hadir langsung di tempat acara antara lain Ketua Pembina YPI Nasima, KH Hanief Ismail Lc, Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd, Ketua Pengawas YPI Nasima, Drs H Ragil Wiratno MH, Direktur Eksekutif YPI Nasima, Hj Mila Christanty SPd MM, serta beberapa organ yayasan dan jajaran direksi.

Hadir pula Kepala KB-TK, SD, SMP, dan SMA Nasima, beberapa perwakilan orang tua peserta didik, serta puluhan perwakilan peserta didik SMA Nasima. Sementara sekitar 1.700 peserta didik KB, TK, SD, SMP, dan SMA, serta alumni dan orang tua menyaksikan secara daring dari kelas, rumah, maupun tempat kerja masing-masing. Upacara diawali tahlil, pembacaan doa dan menyanyi lagu “Kebyar-kebyar”.

 “Acara ulang tahun merupakan momen yang baik untuk bersyukur atas segala capaian sekaligus refleksi atas kekurangan-kekurangan yang perlu dibenahi. Satu hal yang pasti kita tanamkan adalah jangan pernah merasa puas dan berhenti dalam inovasi. Semoga keluarga besar YPI Nasima menjadi insan yang pandai syukur sekaligus istiqomah dalam ikhtiar menyelenggarakan pendidikan berkualitas sesuai visi misi mulianya,” kata Ketua Pembina YPI Nasima, KH Hanief Ismail Lc.

Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd mengajak semua warga Sekolah Nasima untuk terus menguatkan sinergi, komitmen, dan konsisten. “Sekolah Nasima telah melintas waktu 28 tahun. Didewasakan oleh berbagai tempaan. Tempaan yang saat ini masih ada adalah adanya pandemi Covid-19. Berkat sinergi, komitmen, dan konsistensi semua elemen di Sekolah Nasima kita mampu menghadapinya bahkan mempercepat kita dalam bertransformasi menjadi sekolah unggul berbasis teknologi informasi terapan, menuju taraf internasional, dan selalu berkarakter nasionalis agamais,” kata Indarti.

Doktor pendidikan lulusan Universitas Negeri Yogyakarta itu juga mengucapkan terima kasih kepada semua warga sekolah, utamanya para guru, orang tua, dan peserta didik. Sinergi dan kerja keras semua elemen membawa Sekolah Nasima mampu melampaui masa pembelajaran daring dan pembelajaran kombinasi tatap muka terbatas dengan daring menerapkan model blended-hybrid learning secara berkualitas

“Kini kita bersiap untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka penuh setelah semua warga sekolah tuntas divaksinasi. Protokoler kesehatan, adaptasi, dan inovasi jangan pernah berhenti kita terapkan,” tambahnya.

“Pembukaan NIBS mulai tahun ajaran 2022/2023 merupakan peningkatan kapasitas dan kualitas pendidikan Sekolah Nasima. Penambahan fasilitas asrama dengan program penguatan keagamaan, akademik, dan lifeskill kita harapkan menjadi media pendidikan yang holistik integratif untuk mewujudkan generasi pemimpin Indonesia yang unggul dalam kompetensi dan berkarakter nasionalis agamais,” kata Indarti.

Pada momen ulang tahun tersebut YPI Nasima juga meluncurkan dua buah buku. Buku pertama berjudul “Transformasi Sekolah Merah Putih pada Masa Pandemi, Bunga Rampai Praktik Baik Pendidikan”.

Penulisnya adalah para organ yayasan, guru, tenaga kependidikan, dan orang tua peserta didik Sekolah Nasima. Isinya merupakan catatan praktik baik yang dilakukan semua elemen Sekolah Nasima dalam melakukan beragam adaptasi dan inovasi menyikapi dinamika situasi kondisi semasa pandemi Covid-19.

Buku kedua adalah “28 Ragam Kiprah Alumni untuk 28 Tahun Sekolah Nasima”. Isinya berupa kisah-kisah inspiratif para alumni Sekolah Nasima dalam perjuangan meraih profesi cita-cita mereka dilandasi nilai-nilai pendidikan nasionalis agamais yang mereka bangun selama saat bersekolah di Nasima.

Peluncuran ditandai dengan penyerahan dami cetak kedua buku oleh koordinator penulis, yaitu Hj Dwi Astuti SPd MM dan Taryadi MPd kepada Ketua Pembina YPI Nasima. (aris)

Berita terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here