Hidayat Nur Wahid Ajak Kader PKS Teladani Keberhasilan Dakwah Sunan Kalijaga

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid sat berziara di makam Sunan Kalijaga, Demak (25/11/2022). ( foto pks)

DEMAK (sigijateng.id) – Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengajak semua elemen bangsa bersama meneladani perjuangan Sunan Kalijaga dalam menjaga kerukunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Hal itu disampaikannya di sela-sela melakukan ziarah di kompleks Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, Demak pada Jumat (25/11/2022). 

Wakil Ketua MPR RI itu menambahkan bahwa, momen ziarah ini juga sebagai bentuk cinta anak bangsa kepada pendahulunya, dalam meneguhkan wajah Islam Rahmatan Lil ‘Alamin. 

“Ziarah ini sebagai bentuk cinta, kita sebagai anak bangsa kepada pendahulu kita. Di momen ini kita juga mengingat kembali bagaimana  Sunan Kalijaga menunjukkan Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin,” terang NHW. 

Dikakatan dia, melalui wayang, gamelan, tradisi seperti grebeg dan sekaten, Sunan Kalijaga berhasil mengajarkan Islam tanpa menghilangkan kultur budaya yang melekat pada masyarakat Jawa. 

“Saat itu wayang menjadi pertunjukkan seni yang digemari masyarakat, dimanfaatkan oleh Sunan Kalijaga untuk menjalankan dakwahnya. Inilah wujud dari keimanan dan kecerdasan Sunan Kalijaga dalam berdakwah” terang HNW. 

Hidayat Nur Wahid juga menekankan kepada  seluruh kader PKS untuk menjadikan Sunan Kalijaga sebagai suri tauladan, model dakwah Sunan Kalijaga dalam menyinergikan komitmen keagamaan dengan kehidupan bermasyarakat Indonesia khususnya Jawa yang berbudaya.

Dari spirit ini, Hidayat mengajak semua kadernya untuk terus berkhidmat,dengan tak lupa menunjukkan wajah PKS sebagai Partai Islam Rahmatan lil’alamin. 

Senada dengan Hidayat, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jawa Tengah Muh Haris juga mengatakan, islam yang sampai pada kita saat ini hadir melalui akomodasi budaya yang dilakukan oleh para Pendahulu. 

“Islam yang sampai kepada kita saat ini hadir melalui akomodasi budaya yang dilakukan oleh para ulama pendahulu,” Jelas Muh Haris. 

Menurut Muh Haris, PKS harus bisa menyesuaikan diri dengan budaya dan tidak bisa meninggalkan budaya masyarakatnya. 

BAJA JUGA >>> : Pospenas 2022 Solo Ditutup dengan Pospenas Bersholawat Bersama Habib Syech, Terbuka untuk Umum

Muh Haris menyampaikan, makna rahmatan lil alamin ini harus diteguhkan oleh setiap anggota PKS Jawa Tengah.

“Kader-kader PKS ini harus bisa memberikan manfaat kepada siapapun yang tinggal bersama kita,” Tegas Muh Haris. 

Ziarah ini menjadi salah satu agenda kunjungan Hidayat Nur Wahid atau HNW di Jawa Tengah. Kunjungan ini merupakan program menyapa Jateng. Dalam kunjungan ini HNW akan menyapa berbagai komponen masyarakat maupun kebangsaan di Jateng.  Selain berziarah, HNW berdialog dengan beberapa tokoh masyarakat dan tokoh kebangsaan di Demak. Selanjutnya HNW beserta rombongan akan bertolak ke Kudus mengunjungi Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Darunnuroin, silaturahim dengan tokoh setempat, serta memberikan semangat kepada kader-kader PKS untuk selalu melayani rakyat dan Bangsa Indonesia. (aris)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here