Hari ini Bawaslu Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu

Ketua Bawaslu Kota Semarang Muhammad Amin saat memberikan keterangan, Jum'at (10/6/2022). (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Bawaslu Kota Semarang membuka pendaftaran Pemantau Pemilu untuk mengawal Pemilu Serentak Tahun 2024 mulai hari ini, Jumat (10/06/2022).

Jelang pelaksanaan tahapan pemilu yang akan dimulai pada 14 Juni 2022, Bawaslu membuka ruang kepada masyarakat Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai Pemantau Pemilu.

Keberadaan Pemantau Pemilu sudah diatur lebih lanjut pada Undang – Undang 7 Tahun 2017 Bab 16 Tentang Pemantau Pemilu yang dijelaskan lebih rigid dalam pasal 435 – 447. Tugas yang akan dilakukan diantaranya ikut mengawasi pemilu dan memberikan informasi dugaan pelanggaran secara berjenjang.

Lebih lanjut Ketua Bawaslu Kota Semarang Muhammad Amin mengatakan sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi Pemilu sehingga peran serta lapisan masyarakat menjadi pemantau pemilu sangat dibutuhkan.

“Pemantau pemilu nantinya ikut mengawasi semua proses tahapan dan memberikan informasi terkait dugaan pelanggaran kepada pengawas,” kata Amin.

Selain itu Amin juga menjelaskan bahwa Bawaslu Kota Semarang akan membuka meja bantuan untuk memberikan informasi bagaimana tata cara untuk menjadi pemantau pemilu. Harapannya kedepan semua lapisan masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dapat terlayani dengan baik.

“Dengan adanya keberadaan Pemantau Pemilu nantinya dapat membantu Bawaslu untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang berintegritas,” harap Amin. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini