Haji 1443 H / 2022 M Digelar Apa Tidak? Ini Penjelasan Menag di Hadapan DPR RI

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Perhubungan Senin (17/01/2022). ( foto humas kemenag)

JAKARTA (sigijateng.id) – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa kementerian agama melakukan persiapan untuk keberangkatan jemaah haji tahun 1443 H/2022 M, meski sampai saat ini belum ada kepastian dari pemerintah Arab Saudi. Pasalnya, diadakan atau tidaknya ibadah haji tahun 2022 ini sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah Arab Saudi.

Hal yang disiapkan oleh kementerian agama RI yakni menyiapkan mitigasi pelaksanaan Haji 1443 H/2022 M.

“Hal pertama yang kami lakukan dalam rangka mitigasi pelaksanaan ibadah haji adalah dengan terus melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan Pemerintah Arab Saudi untuk memperoleh informasi tentang kebijakan penyelenggaraan ibadah haji dan kuota haji tahum 1443 H/ 2022 M,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Perhubungan Senin (17/01/2022), dikutip dari lama resmi kemenag.

Dikatakan menag, untuk yang kedua, Kementerian Agama juga melakukan integrasi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) dengan aplikasi Peduli Lindungi serta aplikasi Tawakkalna, sehingga indentifikasi status vaksinasi jemaah haji dapat di lakukan dengan mudah.

“Sedang ketiga adalah penerapan protokol kesehatan secara ketat sesuai ketentuan yang berlaku, baik di dalam negeri maupun di Arab Saudi,” terang Gus Yaqut, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut Menag mengatakan bahwa Kementerian Agama juga telah mengatur skenario penyelenggaraan ibadah haji terkait dengan munculnya varian baru omicron yaitu pemberangakatan dengan kuota penuh, kuota terbatas atau tidak memberangkatkan jemaah haji.

“Saat ini tentu Pemerintah melalui Kementerian Agama tetap bekerja untuk menyiapkan opsi pemberangkatan dengan kuota penuh,” lanjutnya.

Menag berharap semua masyarakat Indonesia dapat sama-sama berdoa agar pandemi ini segera berlalu agar pelaksaan ibadah haji dapat dilaksanakan sesuai harapan kita bersama.

Tampak hadir mendampingi Menag, Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar, dan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini