Hadapi Ancaman Krisis Pangan, Firman Subagyo Beri Bimtek Kepada Petani Melenial di Blora

Firman Subagyo Beri Bimtek Pada Petani Melenial di Blora, Sabtu (13/8/2022) (foto:agung/sigjateng)

BLORA (Sigi Jateng) –   Anggota Komisi IV DPR RI Firman Subagyo bersama pemerintah menyelenggarakan bimbingan teknis kepada para petani Blora terkait komoditas sayuran dan tanaman obat strategis dengan mengambil tema “Membangun Indonesia Tangguh Melalui Pembangunan Pertanian”.

Firman Subagyo, yang merupakan politikus Partai Golkar menuturkan, kegiatan ini dalam rangka untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, karena melihat situasi dan kondisi masalah  kemungkinan kerawanan pangan dunia dan adanya indikasi beberapa negara yang sudah mulai terjadi krisis pangan.

“Persoalan jenis pangan ini disamping adanya dampak perang Rusia – Ukraina juga terjadi karena adanya anomali cuaca. Anomali cuaca ini yang harus kita antisipasi, oleh karena itu DPR besama pemerintah memberikan edukasi kepada masyarakat petani, khusunya petani milenial yang memang menekuni dibidang masing – masing,” ungkap Firman usai memberikan sambutan pada bimtek, Jumat (12/8/2022) kemarin.

Selain memberikan edukasi kepada para petani, Bimbingan teknis tersebut dengan tujuan agar para petani bisa beradaptasi dengan teknologi. Menurut Firman apabiala petani meninggalkan teknologi maka petani akan sulit untuk bersaing.

“kedepan efisiensi terhadap produksi daripada buah-buahan dan juga produksi hasil pertanian itu menjadi bagian penting, karena klu kita tidak melakukan edukasi masalah teknolgi dan kemudian bagaimana memahami tentang cara bertani yang baik kita akan ketinggalan,” kata Firman Subagyo .

Dalam Bimbingan teknis tersebut, Firman Subagyo berkerjasama dengan pemerintah menghadirkan dua narasumber yakni, Ir. Nur Kasmin selaku staf laboratorium pengamatan hama dan penyakit dari Kabupaten Pati dan Dr. Ir. Joko Pramono, selaku peneliti utama dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah.

Dalam bimbingan teknis tersebut, para peserta yang rata-rata para petani melenial diajari bagaimana cara menanam buah-buahan dan tanaman obat yang baik. Seperti cara memilih bibit dan menanam buah kelengkeng dengan melihat kondisi cuaca dan tanah yang ada di Blora. (Agung)

Berita terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here