Gelar Dies Natalis ke-57, UNNES Adakan Berbagai Kegiatan

Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman saat menyampaikan sambutan. (Foto. Humas UNNES)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan perayaan Dies Natalis ke-57 secara Daring dan Luring, Selasa (8/3/2022). 

Mengangkat tema “UNNES Cerdas untuk Indonesia Emas”, UNNES akan menggelar berbagai rangkaian kegiatan seperti lomba, ziarah kubur dan seminar-seminar serta kegiatan ilmiyah. 

Berbagai lomba bidang olahraga juga akan  memeriahakan serangkaian acara Dies Natalis seperti Voli (16-18 Maret 2022), Golf Eksekutif Bahagia (18-19 Maret 2022), Petanque (24-25 Maret 2022), Bulu Tangkis (26-27 Maret 2022), Tenis (19-21 Mei 2022), Gerak Jalan Konservasi (31 Mei 2022), Kejuaraan Wushu Piala Rektor (30 Mei -5 Juni 2022) dan Gowes Peduli (4 Juni 2022).

Kegiatan ilmiah dari Lembaga dan Fakultas seperti kegiatan ilmiah di LPPM (8 Febuari 2022), FMIPA (21 Mei 2022), FIP (23 Mei 2022), FT (24 Mei 2022), FIS (25-26 Mei 2022), FIK (29Juni 2022), Pascasarjana (Juni 2022), FH ((Juli 2022), FIP (14 September 2022), FH (September 2022), dan FMIPA (5-6 Oktober 2022). 

Setiap Fakultas juga memberikan kado kegiatan akademik diantaranya Fakultas Ilmu Pendidikan mengadakan Lomba Guru Kreatif dan Launching Buku “Ilmu Pendidikan”, Fakultas Bahasa dan Seni mengadakan pentas Wayang Kolaborasi dan Launching Rumah Ilmu dalam Bingkai Sastra dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial bakal menggelar kegiatan Konservasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Puisi, Peta Tematik SDGs dan Ucapan Selamat Dies Natalis ke-57 dalam 250 Bahasa, Fakultas Matamatika dan Ilmu Pengetahuan Alam menggelar Galeri Inovasi FMIPA, Fakultas Teknik gelar Pemecahan Rekor Batik Pewarna Alami, Fakultas Ilmu Keolahragaan bakal menggelar Virtual Sport, Fakultas Ekonomi memberikan kado UCMC (Trading Competition).

Fakultas Hukum juga akan memberikan kado MCC Peradilan Semu Piala Konservasi V, Buku Essay Pembeharuan Hukum Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, dan Pascasarjana akan melaunching dan bedah buku “Sumbangan Intelektual Pascasarjana untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia”.

Lembaga/unit juga akan menggelar berbagai kegiatan yang menarik seperti  LPPM menggelar Galeri Invensi dan Inovasi UNNES, LP3 mengadakan  Pekan Sertifikasi Kokmpetensi dan Bursa Kerja, TOEFL Bersertifikat Internasional dan LSP Berlisensi Nasional (BNSP), Humas UNNES akan memberikan  Anugerah Media, UPT Konservasi menyelanggarakan  Green School Rangking (GSR), UPT TIK akan Launching Ekosistem Data UNNES, UPT Kearsipana akan Launching Arsip Digital, BPM mengadakan Pekan Mutu UNNES dan Peluncuran Buku Panduan Outcome Based Education, dan Unit Bisnis melaunching e-promosi atau myorder (aplikasi untuk pemesanan layanan)

Kegaitan Perayaan Dies Natalis ke-57 juga diisi dengan Pemberdayaan Perempuan melalui seminar Dharma Wanita dan Penulisan Buku Resep Masakan Vegetarian pada tanggal 23 Maret 2022.

Untuk mengenang jasa pendiri dan pendahulu, Ziarah kubur  dilaksanakan dalam rangkaian memperingati Dies natalis UNNES ke-57. Ziarah kubur akan ke makam Sesepuh, Pendiri dan Peimpin UNNES pada tanggal 10-25 Maret 2022 dan ziarah ke Makam Bung Karno tanggal 5-6 Juni 2022.

Tak hanya itu, kegiatan UNNES Partnership Forum akan dilaksanakan pada tanggal 2/3 Juni Juni 2022.

Puncak kegiatan Dies Natalis akan dilaksanakan upacara Dies Natalis ke 57 UNNES yang akan dilaksanakan 8 Juni 2022 dengan Laporan Tahunan Rektor, Orasi Ilmiah,  dan Corervation Award.

Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman menyampaikan Indonesia Emas adalah terminologi yang digunakan untuk merujuk berbagai kondisi ideal bangsa Indonesia. Rektor mendorong segenap civitas akademika UNNES untuk  meningkatkan produktivitas akademik guna  memberikan peran  dalam membangun  peradaban melalui pendidikan dengan menjaga kebersamaan, kerja keras, dan integritas demi membangun UNNES Cerdas untuk Indonesia Emas.

“Kita bersyukur, pada usia 57 tahun UNNES terus memberikan kontribusi dalam membangun peradaban keilmuan di Indonesia. Saya mengajak kepada seluruh civitas akademika UNNES untuk mengembangkan ilmu bagi kemaslahatan dan kebermanfaatan  masyarakat untuk mewujudkan Indonesia Emas,” jelas Prof Fathur Rokhman.

Untuk menunjang tema Dies Natalis ke-57 UNNES terus melakukan pengembangan program Kampus Merdeka – Merdeka Belajar yang didasarkan pengalaman  akademik yang telah ada dan berbagai potensi yang dimiliki UNNES. Melalui pengimplementasian dan pengembangkan berbagai bentuk kegiatan pembelajaran MBKM di UNNES dapat memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan belajar  sesuai minat, potensi, dan pengalaman belajar yang diingikannya. 

“Universitas Negeri Semarang menjadi salah satu perguruan tinggi yang paling awal menyatakan kesiapan melaksanakan kebijakan tersebut. Kesiapan tersebut ditunjukkan dengan diterbitkannya regulasi pelaksanaan MBKM di Universitas Negeri semarang. Setelah regulasi tersedia, realisasi pelaksanaan yang lebih konkret adalah dengan menerbitkan buku panduan MBKM dan infrastruktur teknologi informasi yang diperlukan,” terang Prof Fathur Rokhman. 

Transformasi Universitas Negeri Semarang terus dilakukan tiada henti. UNNES akan bertransformasi  naik kelas dari kampus yang berstatus PTN-BLU menjadi PTN-BH. Hal ini merupakan   meningkanya kapasitas UNNES dalam pengembangan integritas dan akademis dalam upaya akselerasi Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk Indonesia.

Melalui upaya PTN-BH,  UNNES menjadi tempat  paling nyaman bagi siapa pun yang ingin belajar. Tidak hanya nyaman, tapi juga membuat penghuninya betah dalam menuntut ilmu. Untuk mewujudkan itu, pembelajaran harus didesain dengan penuh kegembiraan. Aktivitas diskusi, bekesenian, dan riset juga harus berlangsung penuh kegembiraan. 

Tri dharma perguruan tinggi secara yuridis telah jadi khitah perguruan tinggi. persoalannya bukan sekadar mendorong ketiganya berjalan, namun berjalan dengan kebermanfaatan dan kualitas yang baik melalui upaya UNNES menjadi PTN-BH sehingga bermakna bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

“UNNES terus bersama melakukan kapasitas pengembangan integritas dan akademis. UNNES bergerak dalam dua aras yakni research university dan teaching university dalam upaya mengembangkan tridharma guna mewujudkan Indonesia Maju. Oleh karena itu UNNES harus terus naik kelas dari PTN PK-BLU menjadi sebuah PTN-BH,” ujarnya. 

“Semoga dengan upaya bersama ini dapat  mewujudkan UNNES menjadi PTNBH sehingga  UNNES lebih mudah mengembangkan kapasitas akselerasi Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk membangun Indonesia. Melalui UNNES PTN-BH,  Insyallah dapat mewujudkan cita cita UNNES yang besar menjadi UNNES berkelas dunia yang memiliki kekhasan dalam pendidikan yakni UNNES World Class University in Education,” jelas Prof Fathur Rokhman.

Prof Fathur, selalu memberikan motivasi dan menggelorakan  semangat kepada semua komponen untuk saling menguatkan dan mewujudkan pengembangan akselerasi agar tujuan UNNES PTN BH segera terwujud. Prof Fathur menjelaskan, peralihan menjadi PTN-BH akan membuat pengembangan akademik menjadi lebih luas sehingga dirasakan oleh warga Indonesia. 

Prof Fathur berharap UNNES segera menjadi  PTN-BH sehingga  dapat mewujudkan transformasi UNNES menjadi Universitas Berkelas Dunia Pelopor Kecemerlangan Pendidikan Berwawasan Konservasi di Indonesia. (Mushonifin) 

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini