Gandeng Kelompok Tani, Mahasiswa KKN Adakan Gerakan Tanam 240 Pohon di Wilayah Pudakpayung

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang berfoto bersama kelompok tani Payung Prasetya di RW 13 Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Selasa (2/8/2022) dalam acara gerakan tanam 240 bibit pohon. (Foto. KKN UIN)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) UIN Walisongo Semarang mengadakan gerakan tanam 240 bibit pohon bekerja sama dengan Kelompok Tani Prasetya Lestari yang diikuti oleh 20 anggota kelompok tani Payung Prasetya di RW 13 Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Selasa (2/8/2022).

Kegiatan ini diinisiasi karena kebutuhan masyarakat akan ruang terbuka hijau di wilayah RW 13 Kelurahan Pudakpayung serta didukung dengan adanya lahan kosong di wilayah tersebut.

Koordinator kelompok, Rajendra Walad Jihad, dalam sambutannya menyampaikan harapan dari terlaksananya kegiatan ini adalah agar dapat membantu masyarakat merealisasikan lingkungan yang hijau asri.

“Kegiatan gerakan tanam 240 bibit pohon ini semoga dapat membantu kelompok tani Payung Lestari untuk membuat lingkungan RW 13 menjadi lebih asri dan perlu diketahui bahwa 240 bibit pohon yang akan ditanam ini memiliki filosofi tersendiri yaitu diambil dari nomor urut kelompok KKN kami, nomor 24”, tegasnya.

Dalam sambutannya, ia juga menambahkan jika tanaman yang berjumlah 240 pohon terbagi dalam tiga kategori dengan perincian 55 tanaman sayur, 74 pohon rindang, dan 111 tanaman hias yang didapatkan dari Dinas Pertanian, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang dan dari donatur.

Sementara ketua kelompok tani Prasetya Lestari, Heri Suyanto, menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini memang sangat dibutuhkan masyarakat lingkungan RW 13 dan anggota kelompok tani khususnya.

“Ini program yang bagus dari mahasiswa KKN, saya terima kasih banyak mewakili seluruh warga dan semoga tanaman-tanaman ini bermanfaat dan dapat mewujudkan cita-cita kita menciptakan wilayah yang asri di Pudakpayung ini,” ujarnya.

Pohon dan bibit tanaman diterima langsung oleh kelompok tani di pelataran masjid Al-Falaq. Sementara simbolisasi penanaman pertama dilakukan oleh Camat Banyumanik dan PLT Lurah Pudak Payung kemudian dilanjut oleh mahasiswa KKN dan warga sekitar. (Mushonifin )

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here