Gandeng Founder Sekolah Berkebun Ceria, Mahasiswa KKN MMK UIN Walisongo Gelar Pelatihan Budidaya Ikan dalam Ember

SEMARANG (sigijateng.id), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Misi Khusus (KKN-MMK) UIN Walisongo Kelompok 14 adakan pelatihan budidaya ikan dalam ember bekerjasama dengan Sekolah Berkebun Ceria pada hari Minggu (24/07/22).

Kegiatan pelatihan budi daya ikan dalam ember dilaksanakan di Balai Desa Piyanggang Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang mulai pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB.

Pelatihan budidaya ikan dalam ember ini merupakan salah satu program kerja Mahasiswa Kelompok 14 KKN. Selain itu, pelatihan ini pun menjadi harapan masyarakat piyanggang mengenai ilmu-ilmu baru yang bisa mereka dapatkan dari mahasiswa KKN.

Budidaya ikan dalam ember merupakan teknik pengembangan aquaponik, dimana ikan dan tanaman tumbuh dalam satu tempat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Beserta perangkatnya dan warga masyarakat desa piyanggang yang sudah meluangkan waktu untuk mengikuti pelatihan budidaya ikan dalam ember ini yang mana Pelatihan ini ditujukan untuk memberikan inovasi baru kepada warga masyarakat desa piyanggang dan harapannya dengan pelatihan ini nantinya dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dan bisa menjadikan peluang usaha bagi warga masyarakat desa piyanggang,” kata Adib Izza selaku Koordinator Desa.

Pelatihan diawali dengan penyampaian materi mengenai hal-hal mendasar Budidaya ikan dalam ember kelebihan dan kekurangan, ancaman hingga tahapan-tahapan dalam melakukan Budidaya ikan dalam ember.

Antusiasme dapat dilihat dari peserta pelatihan yang hadir pada pelatihan ini dalam mencermati materi yang disampaikan.

“Kelebihan dari Budidaya ikan dalam ember ini yakni modal dan perlengkapan yang mudah didapat, tempat yang minim, pemanenan sayur secara berlanjutan, dan budidaya dua komoditas sekaligus,” terang Wahyu selaku narasumber pelatihan.

Setelah pemaparan materi oleh narasumber, para peserta diberi kesempatan untuk melakukan budidaya kangkung dalam gelas yang sudah disediakan. Satu persatu peserta mencoba untuk melakukan tahapan-tahapan dalam menanam kangkung dalam gelas dan menaruh benih lele dalam ember.

Pada akhir acara para peserta diberikan bibit yang disediakan diantaranya bibit cabai keriting, selada hijau, caisim. Pemberian bibit ini guna ditanam dirumah masing-masing peserta. (Inez-kknuinws/asz)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini