Ganas Annar MUI Pusat Gelar Rakornas Dua Hari di Semarang, Simak Pokok-pokok Pembahasannya

ganas annar mui

SEMARANG (sigijateng.id) – Gerakan Nasional Antinarkoba (Ganas Annar) MUI Jawa Tengah dipercaya Pimpinan Pusat Ganas Annar MUI menjadi tuan rumah untuk menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari Selasa – Rabu (29-30 November 2022) digelar di Hotel Metro Park View Semarang. 

Ketua Panitia Rakornas, Dr KH Multazam Ahmad mengatakan, Rakornas Ganas Annar akan diikuti oleh utusan Ganas Annar MUI Provinsi se Indonesia. Rakornas mengambil tema “Meneguhkan Peran Ganas Annar MUI untuk Indonesia Bebas Narkoba”.

”Ganas Annar  MUI Jawa Tengah yang dipercaya sebagai pelaksana dan tuan rumah kegiatan ini telah menyiapkan secara matang dan mendesain kegiatan ini sebagai momentum untuk mengobarkan semangat jihad melawan bahaya narkoba,” jelas Multazam.

Dari kegiatan ini, lanjutnya, di samping akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program organisasi, juga akan melahirkan konsep dan gagasan untuk mengoptimalisasi jaringan di tingkat pusat dan daerah untuk bersinergi dalam rangka mencegah dan berjihad melawan bahaya narkoba, serta akan melahirkan Deklarasi Piagam Jawa Tengah.

”Semoga acara ini akan berjalan lancar dan menghasilkan gagasan serta karya nyata dari Ganas Annar MUI bagi penyelamatan bangsa dari bahaya narkoba,” katanya.

Menjelang pelaksanaan Rakornas Ganas Annar, Dr KH Multazam Ahmad dan Sekretaris MUI Jateng telah membahas bahaya terhadap narkoba yang disiarkan live di TVKU dalam program ulama menyapa. KH Muhyiddin lebih banyak menyoroti peran orang tua dalam mengawasi anaknya agar terhindar dari bahaya narkoba.

”Peran orang tua dalam mengawasi anaknya sangat penting, terutama mengarahkan agar selalu mempertebal iman, sehingga dengan bekal iman dan taqwa, anak-anak diharapkan tidak terpengaruh narkoba,” ujar KH Muhyiddin.

Pada program Ulama Menyapa bertema ‘Jihad Melawan Narkoba’, Ketua Ganas Annar MUI Jateng, KH Multazam lebih banyak menyoroti bahaya narkoba terhadap generasi muda. Kita sangat prihatin, berbagai kegiatan jihad melawan narkoba ini telah banyak dilakukan Ganas Annar, karena sebenarnya kita sudah darurat narkoba.

”Daya rusak kejahatan narkoba lebih serius dibanding korupsi dan terorisme. Jika korupsi merusak perekonomian negara, dan terorisme mengancam jiwa manusia. Maka narkotika telah mengancam dan merusak seluruh aspek kehidupan manusia, baik sosial, politik, ekonomi,  jiwa, agama,  bahkan akan menghancurkan masa depan bangsa,” ujar Multazam.

Berbagai program Rakornas yang sangat urgen juga dibahas dalam dialog interaktif dengan menampilkan dua narasumber, Ketua Umum MUI Jateng, Dr KH Ahmad Darodji MSi dan Ketua PP Ganas Annar MUI, Dr Hj Titik Maryati MPd. Dialog interaktif juga disiarkan secara langsung di TVKU, bertema ”Urgensi Rakornas Ganas Annar MUI di Semarang’.

Rangkaian kegiatan Rakornas, pada hari kedua para peserta akan shalat subuh berjamaah di Masjid Agung Kauman, dilanjutkan senam bersama di Alun-alun Majid Agung Kauman.”Usai senam pagi, para peserta akan disuguhi bubur makanan khas Semarang. Ini hanya ada di Masjid Agung Kauman,” ujar Pengasuh Ponpes Raudhatul Quran, Ir KH Khammad Maksum (Gus Khamad). (aris)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here