FISIP UIN Walisongo Gelar Ngaji Artikel Ramadhan, Bimbing Mahasiswa dan Dosen Kembangkan Karya Tulis

Acara penutupan Ngaji Artikel yang digelar selama bulan Ramadhan oleh Fakultas Ilmus Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo Semarang, Selasa (26/4/2022). (Foto. FISIP UIN WS)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Fakultas Ilmus Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo Semarang menutup rangkaian kegiatan Ngaji Artikel yang digelar selama bulan Ramadhan seminggu dua kali, Selasa dan Jum’at.

Dr. Misbah Zulfa Elizabeth, M.Hum selaku Dekan FISIP UIN Walisongo Semarang yang menutup langsung kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Ngaji Artikel merupakan kegiatan baru yang dimunculkan Ramadhan tahun ini karena Ramadhan sebelumnya belum pernah ada. Eliz, sapaan akrabnya, berharap akan bisa menjadi kegiatan rutin pada Ramadhan selanjutnya.

Eliz menuturkan, tujuan awal dari ngaji ini adalah untuk mewadahi dosen agar terus mengasah kemampuan dalam tulis menulis khususnya membuat artikel jurnal yang menjadi tugas dan tanggung jawab akademik seorang dosen. Selain dosen, Ngaji ini juga diikuti oleh mahasiswa. Peserta ngaji artikel ini berjumlah 13 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa.

Jumlahnya memang terbatas dikarenakan agar pendampingan dan bimbingan dengan mentor lebih maksimal.

“Sebagian mahasiswa peserta ngaji artikel adalah Mahasiswa alumni Pejuang Muda. Mereka diarahkan untuk bisa melakukan percepatan studi atau lulus dalam waktu 3,5 tahun dengan mengganti tugas akhir, skripsi menjadi Artikel yang dipublish pada Jurnal Sinta 3,” ujar Eliz pada Selasa (26/4/2022) setelah penutupan.

Elizabeth juga menyampaikan bahwa Ngaji Artikel adalah salah satu kegiatan Ramadhan yang menjadi distingsi FISIP dibandingkan fakultas lain yang banyak mengkaji kajian keislaman yang dicirikan dengan kitab kuning. Dalam kegiatan ini, FISIP terus konsisten pada prinsip yang dicetuskan yakni Kompeten, Kritis, dan eksploratif.

“Ngaji artikel ini pun bagian dari cara FISIP membiasakan nuansa akademis yang kritis dalam membaca fenomena sosial yang begitu dinamis melalui tulisan,” ujar Elizabeth.

Ngaji artikel ini dimentori langsung oleh pimpinan dekanat yakni Dekan FISIP, Dr. Misbah Zulfa Elizabeth,M.Hum., Dr. Ahwan Fanani, M.Ag., Wakil Dekan I, Dr. Tholkhatul Khoir, M.Ag. selaku Wakil Dekan II, dan selaku Wakil Dekan III, Dr. Moh. Khasan, M.Ag.

Santri Ngaji artikel ini memperoleh cara bagaimana menyusun artikel sesuai template artikel bereputasi internasional. Selain itu santri juga diajari menganalisis masalah sesuai dengan kerangka teoritik. Adapun sistem dari ngaji ini dimulai dari paparan setiap pertemuan kemudian dilanjut praktik. Setelah para santri praktik, mereka diminta konsultasi ke mentor untuk memperoleh review dan arahan perbaikan.

Sedangkan output ngaji artikel ini adalah artikel siap submit pasca lebaran atau artikel ini harus sudah selesai selama 30 hari. Masing-masing artikel rencananya akan di submit ke jurnal yang memiliki scope keilmuan sosial politik.

Dr. Moh. Khasan selaku Wakil Dekan III sekaligus ketua panitia kegiatan Ramadhan berpesan kepada peserta ngaji bahwa meski pertemuan di majelis sudah selesai bukan berarti kegiatan ini pun berakhir.

“Peserta ngaji artikel harus melakukan konsultasi intens kepada mentor sampai artikel tersebut tersubmit dan dipublish,” ucapnya.

Khasan Pun menambahkan bahwa mahasiswa akan merasakan betapa berharganya kesempatan ini.

“Mungkin awalnya bingung akan tetapi dengan berjalannya waktu pelan-pelan pasti akan paham, bisa dan terbiasa dan kegiatan ini pun bisa menjadi awal menapaki kebaikan- kebaikan berikutnya,” tutupnya. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here