Dua UMKM Asal Jateng Ikuti OIC Halal Expo di Turki

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin . (foto humas pemprov jateng)

SEMARANG (sigijateng.id) – Dua pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Jawa Tengah, mengikuti Organisation of Islamic Cooperation (OIC) Halal Expo di Turki. Pameran produk-produk halal itu digelar mulai 24-27 November 2022.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, menyebut dua UMKM yang mengikuti OIC Halal Expo di Turki adalah, CV Hasil Barokah Mandiri dari Kudus dengan produk gula kelapa dan PT Muria Bahari Indonesia yang memproduksi seafood frozen.

Dia mengatakan UMKM di Jateng harus berani tampil di kancah internasional. Menurutnya, produk UMKM di Jateng memiliki potensi kuat untuk bersaing dengan produk manca lainnya.

“Selama ini pengusaha-pengusaha produk halal di provinsi Jawa Tengah mampu untuk bersaing dengan produk halal negara lain. Dan produk-produk halal kita juga gak kalah dengan produk halal negara lain,” kata Taj Yasin, dikonfirmasi melalui saluran telefon, Sabtu (26/11/2022).

Orang nomor dua di Jateng itu mengungkap, Indonesia telah menjalin nota kesepahaman terkait produk halal dengan Pemerintah Turki. Hal itu diketahui setelah acara Halal 20 di Semarang, beberapa waktu lalu.

Wagub menilai nota kesepahaman produk halal antara Indonesia dengan Turki dan negara lainnya, harus dimanfaatkan secara optimal. Dia berharap pelaku UMKM di Jateng bisa memasarkan produknya hingga ke mancanegara.

“Kita perlu terus mendorong dan membuka informasi kepada pengusaha-pengusaha lokal untuk berani tampil di ajang internasional, Salah satunya OIC halal Expo ini,” imbuhnya.

Lebih jauh, Taj Yasin mengharapkan Indonesia dapat menjadi negara rujukan halal dunia, yang dapat mengatur regulasi produk halal.

“Karena potensi pasar yang sangat besar di Indonesia,” tandasnya.

Menambahkan, pelaku UMKM CEO CV. HBM dan PT MBI, Helmi T. Wartono, merasa sangat terbantu dengan dukungan wagub. Dukungan paling besar baginya adalah jaringan negara-negara lain yang membutuhkan produk halal dari Indonesia.

“Kami merasa senang sekali dengan adanya OIC Halal Expo ini dan kami bisa turut serta dalam halal Expo tahun ini , kami selaku pengusaha sangat dibantu oleh Gus Yasin berkenaan dengan Produk produk halal terutama di Jawa tengah,” kata dia. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here