Diterjang Bencana Puting Beliung, 24 Rumah di Weleri Kendal Rusak

Kondisi rumah warga di Desa Pucuksari Weleri yang rusak akibat puting beliung Kamis 22 September 2022. Foto : Dok. BPBD Kendal

Kendal (Sigijateng.id) – Diterjang bencana alam angin puting beliung, puluhan rumah di Dusun Santren RT 04 RW 03 Desa Pucuksari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal rusak, Kamis (22/9/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Sigit Sulistyo saat dikonfirmasi menyebutkan untuk data sementara setidaknya ada sejumlah 24 rumah warga yang rusak akibat peristiwa bencana tersebut.

“Puting beliung menerjang Dusun Santren Desa Pucuksari Kecamatan Weleri, data sementara sebanyak 24 rumah mengalami kerusakan pada bagian atap. Sementara tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut” kata Sigit.

BPBD dan petugas Polsek Weleri dan TNI melakukan pendataan dan membersihkan sisa puing rumah yang rusak. BPBD Kabupaten Kendal mengirimkan tim Satgas PB untuk melakukan assessment dan koordinasi dengan pemerintah Desa Pucuksari Kecamatan Weleri.

“Kita juga BPBD koordinasi dengan PLN untuk pengaman jaringan listrik,” imbuhnya.

Seorang warga tengah nmemperbaiki atap rumahnya yang rusak akibat diterjang puting beliung. Foto : Dok BPBD Kendal

Usai diterjang angin puting beliung wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas lebat sehingg belum memungkinkan untuk perbaikan dan pembersihan sisa angin puting beliung. “Rencana kerja bakti akan dilakukan besok pagi Jumat 23 September 2022,” jelasnya.

Sementara itu, mengetahui ada kejadian puting beliung yang merusak rumah warga Dusun Santren RT 3 dan RT 4 di RW 3 Desa Pucuksari, Kecamatan Weleri, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki langsung datang ke lokasi, Kamis (22/9/2022).

Wabup Kendal yang akrab disapa Pakde Bas ini didampingi Kepala Desa Pucuksari, Heru Santoso beserta perangkat Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas serta personel dari BPBD.  Pakde Bas mengajak warga sekitar untuk bahu membahu memperbaiki rumah warga yang rusak.

Bahkan, dirinya berjanji akan ikut serta mengikuti kerja bakti bersama warga Dusun Santren dan memberikan bantuan.

“Pak Kades dan Pak Carik, kumpulkan warga, kita ajak kerja bakti memperbaiki rumah-rumah yang rusak besok. Insya-Allah saya akan ikut dan memberikan bantuan,” kata Pakde Bas. (Red)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here