Diselipkan di Kue Tart, Penyelundupan Narkoba di LP Kedungpane Digagalkan

Barang bukti shabu yang diselipkan dalam kue tart digagalkan petugas Lapas Kedungpane Semarang, Sabtu (29/1/2022). (Foto. Dok. Humas Lapas Semarang)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Petugas layanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang (LP Kedungpane), Isnawati berhasil gagalkan upaya penyelundupan narkoba yang akan dikirimkan ke narapidana, Sabtu (29/1/2022).

Kepala Lapas Semarang, Supriyanto menuturkan kejadian berawal pada saat pengunjung pria yang berinisial X hendak mengirimkan makanan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berinisial OM di layanan pengiriman makanan dan barang Drive Thru.

Lanjutnya, setelah melewati penggeledahan makanan, X kedapatan membawa narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 18 paket dalam klip plastik putih.

“Saat dilakukan pengecekan barang, terdapat bungkusan terselip di dalam kue tart. Setelah diteliti lebih lanjut, petugas menemukan 18 paket yang diduga berisi sabu-sabu dan 1 buah handphone,” ujarnya. 

Supriyanto melanjutkan, petugas yang menemukan kejanggalan tersebut lalu melaporkan temuannya kepada koordinator layanan kunjungan drive thru pada hari itu. Tersangka pun kemudian diamankan petugas untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Sesuai dengan formulir pengiriman makanan, aksi penyelundupan dilakukan pada 09.50 WIB menjelang waktu pengiriman makanan ditutup.

“Modus dari pria tersebut yaitu dengan menyimpan dalam kue tart untuk mengelabuhi petugas. Namun aksi itu gagal karena petugas penggeledahan makanan sangat jeli dengan memotong-motong kue tart tersebut,” lanjutnya. 

Petugas Lapas Kedungpane Semarang yang ggalkan penyeludupan narkoba, Sabtu (29/1/2022). (Foto. Dok. Humas Lapas Semarang)

Mengetahui hal tersebut, Kalapas langsung berkoordinasi Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkorba) Polda Jateng. Dan barang bukti sudah diserahkan kepada Polda Jateng untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Supriyanto menekankan pada dasarnya Lapas Semarang bekerjasama dengan pihak Ditresnarkorba Polda Jateng terkait pengungkapan penyelundupan sabu. Dan ini merupakan komitmen dari jajaran Lapas dalam memberantas dan berperang melawan Narkotika. Layanan penitipan barang yang dilakukan secara drive thru ini terbukti efektif dalam menggagalkan upaya penyelundupan barang terlarang ke dalam Lapas. (Mushonifin) 

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini