Disapu Angin Kencang Disertai Hujan Deras, Joglo Limasan di Klaten Roboh Sebabkan 3 Orang Korban Luka

Sebuah joglo limasan di lapangan Desa Kebondalem Kidul persisnya di barat Candi Sojiwan roboh gegara diterjang hujan deras disertai angin, Jumat (23/9/2022). Foto: Dok Kecamatan Prambanan

Prambanan (Sigijateng.id) – Sebuah joglo berbentuk limasan yang berada di lapangan Desa Kebondalem Kidul persisnya di barat Candi Sojiwan Kecamatan Prambanan, Klaten roboh, akibat diterjang angin kencang disertai hujan deras hingga menyebabkan 3 orang korban mengalami luka.

Sekretaris BPBD Kabupaten Klaten, Nur Tjahjono menjelaskan tim TRC sudah ke lokasi melakukan asesmen. “Kejadian pukul 14.30 WIB, hujan disertai angin kencang. Joglo roboh merupakan bangunan semi permanen,” jelas Nur Tjahjono, Jumat (23/9/2022).

Dijelaskan, bahwa Joglo yang roboh juga menimpa mobil vendor dekorasi. Ada tiga korban luka yang saat kejadian di lokasi. “Ada tiga korban luka. Satu guru KB TK dan dua orang pendekor. Sudah dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Prambanan,” terang Nur Tjahjono.

Selain joglo roboh, sambung Nur Tjahjono, ada pohon tumbang dan sudah ditangani. Masyarakat diimbau waspada musim pancaroba.

“Kami mengimbau masyarakat di semua wilayah waspada potensi hujan disertai angin karena ini masa peralihan awal dari kemarau ke penghujan. Musim hujan kemungkinan maju ” kata Nur Tjahjono.

Sementara itu, Camat Prambanan, Puspo Enggar Hastuti membenarkan dengan adanya peristiwa tersebut. Hujan sekitar pukul 14.30 WIB menerjang wilayah Prambanan dan sekitarnya. Termasuk lokasi lapangan tempat joglo didirikan untuk kegiatan senam.

“Joglo limasan di barat candi roboh karena angin kencang. Korban ada tiga orang. Kebetulan sedang mempersiapkan untuk besok pagi acara tari kolosal Himpaudi, mungkin hujan dan berteduh tapi ada kejadian ini (ambruk),” terang Puspo, Jumat (23/9/2022).

Dikatakan Puspo, ketiga orang korban tersebut yakni satu wanita dan dua pria yang bekerja di lokasi. Saat ini ketiga korban sudah dievakuasi ke UGD RS PKU Muhammadiyah Prambanan untuk mendapatkan perawatan medis.

“Tiga orang korban tertimpa, satu perempuan dan dua laki- laki, semua sudah dievakuasi ke RS PKU Muhammadiyah Prambanan. Saat ini sedang penanganan dokter, satu korban laki- laki luka cukup serius,” jelasnya.

Diungkapkan, satu pohon tumbang dilaporkan di dekat Candi Sewu ke arah jalan raya. Pohon tersebut sudah dievakuasi. “Satu pohon tumbang di dekat Candi Sewu sudah dikondisikan. Ada tiga pohon tumbang di area sawah jatuh di jalan dan ini proses pengkondisian,” ungkapnya. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini