Dinas Pendidikan Kota Semarang ke Satuan Pendidikan, Silakan Berlakukan Seragam Khas Sekolah

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Kartika Hedi Aji saat memberikan pernyataan, Kamis (3/11/2022). (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi jateng) – Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Kartika Hedi Aji, mempersilahkan setiap satuan pendidikan memberlakukan seragam khas sekolah sesuai dengan Permendikbud No 50 Tahun 2022. Seperti biasa, setiap tahun ajaran baru, setiap sekolah menjual seragam khas sekolah kepada para siswanya. Namun saat ini, aktifitas tersebut telah diwadahi.

“Permendikbud No 50 Tahun 2022 tentang pakaian seragam siswa sekolah. Kita sebenarnya sudah melaksanakan. Kalau jadwal untuk seragam nasional kan sudah ada, terus seragam khas kan sudah ada. Jadi untuk seragam khas sekolah sudah termaktub dalam permendikbud ini ada diperbolehkan,” jelasnya pada Kamis (3/11/2022).

Selain seragam nasional dan seragam khas sekolah yang biasanya berupa batik, ada juga sekolahan yang memberlakukan seragam tradisional. Namun begitu, pria yang karab disapa Aji tersebut tidak memberlakukan jadwal paten untuk pemakaian seragam tradisional.

“Kalau yang seragam tradisional kita serahkan pada sekolah masing-masing, bisa saat hari nasional, atau hari-hari spesial apapun seperti pas hari ulang tahun sekolah. Kami mempersilahkan. Kemarin pas hari kelahiran satuan pendidikan masing-masing kan banyak siswa yang pakai seragam tradisional daerah. Kami serahkan sepenuhnya pada sekolah masing-masing. Dan khusus untuk seragam tradisional tidak ada jadwal patennya,” jelasnya.

Namun begitu, untuk seragam nasional dan seragam khas sekolah, telah diatur jadwalnya.

“Tapi kalau seragam yang umum ada jadwal patennya, semisal hari Senin dan Selasa memakai seragam nasional, Rabu dan Kamis pakai seragam batik, lalu Jum’at dan Sabtu memakai seragam pramuka,” tutupnya. (Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here