Dinas Ketahanan Pangan Akan Gelar Operasi Pasar Jaga Harga Kebutuhan di Hari Raya

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang, Bambang Pramusinto. (Foto Humas Pemkot Semarang)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang berupaya dan memastikan stok bahan pangan di kota Semarang terutama dalam bulan suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri dalam kondisi aman. Untuk menjaga kestabilan bahan pangan tersebut, Dinas Ketahanan Pangan berencana untuk mengadakan Pasar pangan dengan menggandeng beberapa distributor penyedia bahan pangan yang ada di Kota Semarang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang, Bambang Pramusinto mengatakan jika pihaknya berencana akan mengadakan Pasar Pangan setiap hari Jumat. Pasar Pangan ini akan menyediakan kebutuhan pokok atau sembako yang sangat diburu masyarakat khususnya pada bulan ramadhan.

Menueut Bambanag memang ada fenoimena yang terjadi saat buolan Ramadhan dan Idul Fotri yakni tingginya kjomsumtivitas masyarakat utnuk membeli kebutuhan pokok. Pihaknya juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait hal tersebut, tujuannya agar tidak ada kelangkaan barang atau tingginya harga kebutuhan pokok saat jelang hari besar keagamaan.

“Masyarakat harus tetap bijak untuk berbelanja dan memanfaatkan pangan yang ada jadi kalau bisa masyarakat sudah mulai berpikir bagaimana mengurangi sampah dari makanan jadi kalau main diusahakan tidak tersisa,” kata Bambang, Kamis (14/4/2022).

Dinas, katanya, memiliki kegiatan untuk mengedukasi masyarakat agar lebih bijak dalam berbelanja dan mengkonsumsi pangan yang ada. Pihaknya juga akan membuat role model yang bisa diikuti oleh banyak lembaga atau institusi, misalnya dengan mengadakan bazar yang bertujuan untuk menjaga ketersediaan dan kestabilan harga bahan pangan terutama sembako.

“Kalau yang di Dinas Ketahanan Pangan ini kami coba melakukan kolaborasi dengan beberapa distributor termasuk Bulog untuk bersama-sama mengadakan pasar pangan setiap Jumat pagi di depan kantor Dinas kami. Rencananya akan mulai Jumat besok (15/4) tapi kami akan menyesuaikan kesiapan para distributor, Bulog, hingga UMKM,” ungkapnya.

Dalam Pasar Pangan, nantinya akan dijual berbagai kebutuhan pokok termasuk minyak goreng, sayur, beras, bawang-bawangan dan kebutuhan pokok lainnya. 

“Kalau pasar murah ini nanti akan kita sesuaikan kemampuan para distributor jadi kalau stok banyak ya tidak kita batasi,” imbuhnya.

Meski demikian, dari data yang dimiliki Dinas Ketahanan Pangan, ketersediaan sembako di Kota Semarang selama bulan Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri masih terpantau aman karena setiap kali ada suplai yang masuk bisa digunakan hingga 1,5 bulan kedepan.

Dari 10 jenis bahan pokok yang ada, dalam data dinas semuanya terpantau aman mulai dari beras, daging sapi, daging ayam, cabai, gula, hingga minyak goreng.

“Tadinya yang agak rentan minyak goreng tapi pemerintah kota sudah melakukan berbagai upaya agar pasokan minyak goreng untuk masyarakat tetap aman,” pungkasnya. (Mushonifin)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini