Dilantik Jadi Rektor Unissula, Gunarto Akan Menggebrak dengan 5 Akselerasi

Prof. Dr. Gunarto, SH, MHum saat dilantik menjadi Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) pada Senin (30/1/2022). (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Di era digital seperti saat ini, perguruan tinggi dituntut untuk berakselerasi menciptakan SDM unggul demi tercapainya negara yang maju di bidang ekonomi, teknologi, moral, dan kedaulatan bangsa.

Hal itu menjadi visi besar Prof. Dr. Gunarto, SH, MHum saat dilantik menjadi Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) pada Senin (30/1/2022).

Prof. Gunarto menyampaikan ada lima akselerasi yang harus ditempuh yaitu akselerasi ketakwaan yang meliputi birrul walidain (berbakti pada kedua orang tua), profesionalisme dan keberkahan. Progres untuk menuju kesana adalah dengan peningkatan boarding school, penguasaan fiqh, bahasa arab, pendirian pusat studi Al-Qur’an, pelaksanaan budaya akademik islam, rekontruksi ilmu pengetahuan, dan penguatan visi kampus hijau.

Kedua, akselerasi institusi kelembagaan dan sumber daya manusia. Ini akan dilakukan dengan pemperoleh akreditasi unggul tahun 2022. Ketiga, akselerasi pembelajaran berbasis ajaran Islam, revolusi 4.0, merdeka belajar dan kampus merdeka, serta perluasan Teknologi Informasi. Keempat, akselerasi penelitian, inovasi dan publikasi ilmiyah di jurnal internasional bereputasi melalui peningkatan jumlah riset, peningkatan publikasi jurnal serta peningkatan inovasi paten dan hak cipta. Terakhir, Unissula akan melakukan akselerasi internasionalisasi di level ASEAN dengan peningkatan kualitas dosen.

“Jadi saat ini baru 13 jurusan dan prodi (34 persen) di Unissila yang terakreditasi A. Harapan saya hingga 2027 nanti 40 jurusan yang ada (100 persen) akreditasi A sehingga mampu tembus akreditasi unggul,” ujar Prof. Gunarto menyampaikan target kepemimpinannya untuk Unissula.

“Untuk peningkatan SDM dan kualitas dosen serta pembelajaran, kami mentargetkan tahun 2027 nanti akam ada 100 guri besar. Saat ini baru ada 18 guru besar di Unissula,” tandasnya.

Berdasarkan SK Kemendikbud No 59/2021, kampus swasta sudah diperbolehkan memgangkat guru besar non-dosen serta profesional. Hal ini juga akan dimanfaatkan Unissula untuk peningkatan reputasi institusi.

“Kami akan segera melakukan pengangkatan guru besar kehormatan dan doktor honoris causa,” tandas Gunarto.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA), Hasan Toha Putra MBA yang melantik Gunarto berpesan agar selalu menjaga nama baik institusi dengan menjaga kredibilitas, semangat profesionalisme, dan kejujuran.

“Tanamkan terus kejujuran dan profesionalisme, karena Unissula berdiri dengan semangat profesionalisme yang tinggi,” ujar Toha.

Di akhir, Akbar Tanjung yang hadir sebagai tamu kehormatan memberikan selamat atas dilantilnya Gunarto menjadi rektor. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini