Diikuti 70 Anak, TIM KKN UIN Walisongo Gelar Pelatihan Tari Sufi di Magelang Hadirkan Abah Budi Harjono

Pelatihan Tari Sufi yang dilakukan tim KN UIN Walisongo menghadirkan Abah Budi Harjono. ( foto tim kkn)

MAGELANG (sigijateng.di) – Sekitar 70 anak-anak dari enam dusun di Desa Muneng Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang mengikuti acara pembukaan pelatihan tari sufi di balai setempat, pada 29 Juni 2022 lalu.

Acara pelatihan tari sufi diadakan oleh mahasiswa KKN MIT Kelompok 8 UIN Walisongo Semarang yang bertugas di desa tersebut.

Dengan mengusung tema “Tari Sufi Sebagai Sarana Mendekatkan Diri Kepada Sang Ilahi” tim KKN UIN Walisongo mendatangkan pemateri KH. Amin Budi Harjono, pengasuh pondok pesantren Al Ishlah Tembalang Semarang.

Tim KN juga mengundang aparat desa setempat seperti kepala desa, sekretaris desa dan kepala dusun di desa Muneng.

Acara diawali dengan sambutan-sambutan, dari kepala desa Muneng yang diwakili sekretaris desa Muneng Fuat Hasyim dan Koordinator KKN Ahmad Maliki.

Abah Budi sapaan akrab dari KH. Amin Maulana Budi Harjono, saat mengisi acara menjelaskan sejarah adanya tari sufi yang berasal dari Turki, makna setiap gerakan tari sufi.

“Gerakan tari sufi berputar-putar melawan arah jarum jam atau ke kiri merupakan lambang putaran alam semesta dan putaran tawaf di Ka’bah,” terang Abah Budi.

Gerakan diawali membukukkan badan diartikan memasrahkan diri kepada pencipta dan melepaskan segala urusan dunia. Lalu berputar ke arah kiri dengan bertasbih selanjutnya penari membentuk tanda love atau cinta yang bermakna menjadi manusia harus memiliki rasa kasih sayang. Lalu tanda cinta itu diangkat ke atas dengan tetap berputar lalu tanda itu dibuka dengan makna bahwa kasih sayang yang dimiliki itu harus disebarkan kepada seluruh alam semesta tidak hanya kepada manusia tetapi juga kepada tumbuhan dan hewan di sekeliling kita.

Dalam acara pelatihan ini, juga menampilkan tari sufi dari dua anggota KKN dan salah satu penari sufi didikan Abah Budi dan shalawatan bersama.

Kemudian ini ditutup dengan latihan tari sufi bersama anak-anak yang dipandu langsung oleh Abah Budi dan penanaman rasa cinta tanah air kepada anak-anak desa Muneng.

Anggota KKN selain yang menari sufi ditugaskan untuk mendampingi dan membantu anak-anak yang mengalami sakit kepala saat pelatihan berlangsung, serta memberi tahu jika mulai terasa pusing diusahakan untuk membungkukkan badan dan beristighfar.

Acara ini juga ditayangkan langsung di akun instagram kelompok KKN @kknmitdrkel8 dan akun YouTube abah Budi yaitu Kiai Budi Channel. (Ervina-timkkn/asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here