Diguyur Hujan Deras, 6 Dusun di Sragi Pekalongan Terendam Banjir Akibat Sungai Winong Meluap

Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan sungai Winong meluap dan mengakibatkan ratusan rumah di Sragi Pekalongan terendam banjir, Minggu (6/2/2022). (Foto : vian/sigijateng.id)

Pekalongan (Sigi Jateng) – Diguyur hujan  deras dengan intensitas tinggi, setidaknya 6 (enam) dusun yang berada di Desa Gebangkerep, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, terendam banjir dengan ketinggian 40 centimeter hingga 1 meter, Minggu (6/2/20222).

Kades Gebangkerep Didi Mardiono mengungkapkan, hujan deras dengan intesitas tinggi yang terjadi sepanjang hari Sabtu (5/2/2022) kemarin, mengakibatkan Sungai Winong meluap. Hingga menyebabkan ratusan rumah di Desa Gebangkerep, Kecamatan Sragi terendam banjir.

“Setidaknya ada 6 dusun yang terendam banjir di antaranya Dusun Sibangoh, Dukuh Banjarturi, Karangtengah, Banjardowo Selatan, Banjardowo Utara, Banjardowo Tengah,” ungkap Kades Gebangkerep Didi Mardiono.

Mardiono menyebutkan jika peristiwa banjir yang terjadi tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.  Sebanyak 515 rumah di enam dusun di Desa Gebangkerep terendam banjir. “Jika, talud tanggul Sungai Winong ditinggikan mungkin tidak separah ini banjirnya,” ucapnya.

Pihaknya mengaku sudah sering mengusulkan agar ada peninggian talud tanggul, namun hingga saat ini belum ada respon maupun di acc oleh pemerintah daerah. “Saya sudah sering mengusulkan, tapi belum di acc oleh pemerintah setempat,” tukasnya.

Salah seorang warga RT 2 RW 10 Dukuh Banjardowo Tengah, Des Gebangkerep mengatakan, air banjir mulai masuk ke rumah warga ini sejak hari Sabtu, pukul 23.00 WIB malam hari. “Biasanya banjir jarang sekali masuk ke dalam rumah. Tapi, banjir kali ini masuk ke rumah warga,” kata Sutiarti (42).

Dia mengungkapkan, banjir dengan ketinggian mencapai setinggi lutut orang dewasa lebih ini menyebabkan aktivitas warga menjadi terganggu. “Sudah rumahnya terendam banjir ditambah suami lagi sakit mas,” bebernya.

Sementara itu, di lokasi banjir terlihat tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, PMI, SAR, serta para relawan melakukan koordinasi dan tindakan pertolongan pertama kepada masyarakat terdampak banjir. (Dye)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini