Diberlakukan Sistem One Way, Pemudik Padati Rest Area KM 338 A Pekalongan

Suasana di dalam rest area KM 338A Pekalonga terlihat ramai dan pemuh kendaraan pemudik, Rabu (27/4) malam. Foto : vian/sigijateng.id

Pekalongan (Sigijateng.id) – Rest area KM 338 A jalur jalan tol trans jawa Pemalang-Batang terus mengalami peningkatan jumlah pemudik yang masuk di rest area tersebut. Hingga Rabu (27/4) malam terpantau ramai.

Untuk mengantisipasi terjadinya overload, pihak pengelola rest area menerapkan system one way atau buka tutup karena mengalami peningkatan jumlah pemudik signifikan di dalam rest area yang terletak Desa Pegandon, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan tersebut.

Direktur PT Orlando Aristo juga selaku pemilik rest area KM 338 A, Dandiarso Setiawan, mengatakan jika dalam dua hari ini pemudik yang masuk ke rest area mengalami kenaikan yang signifikan.

“Jika kita lihat arus mudiknya, ini mulai ada lonjakan. Dari hari kemarin sudah mulai kelihatan, lonjakannya signifikan,” ujar Dandiarso Setiawan, Rabu ( 27/04/2022) malam

Diketahui, kondisi di jalan tol Pemalang Batang hingga malam ini terpantau ramai lancar. “Selasa malam (26/4/2022) hingga Rabu pagi, kami melakukan buka tutup pintu masuk rest area sebanyak 7 kali. Dalam sehari semalam kita lihat, hampir 3500 kendaraan yang masuk di sini,” terang dia.

Pihaknya memberlakukan sistem buka tutup di rest area tersebut dan pemudik bisa menuju ke rest area berikutnya yaitu di rest area KM 379A. tujuannya agar tidak terjadi penumpukan di rest area.

“Kapasitas di rest area ini hanya mampu menampung 300-400 mobil. Kita koordinasi dengan kepolisian jika over loa dan akan kami tutup. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan di satu rest area. Pemudik yang mau masuk diarahkan menuju ke rest area berikutnya,” jelasnya.

Saat rest area penuh, menyebabkan terjadi antrean kendaraan yang menuju ke rest area sampai ke bahu jalan. Selama dua hari terakhir ini terjadi peningkatan kendaraan di rest area dan sudah 200 persen, dibandingkan hari-hari sebelumnya.

“Hingga malam ini, di rest area sudah memberlakukan 3 kali, karena kendaraan di dalam rest area banyak sekali,” ungkapnya.

Sementara, salah satu pemudik asal Jogjakarta menjelaskan, arus lalu lintas di jalan tol mulai ramai lancar selepas dari Cikampek hingga Pekalongan ini.

“Saya berangkat dari Bengkulu kemarin sekitar jam 12.30 WIB arus lalu lintas macet didaerah Jakarta. Semoga bisa sampai di kampung besok pagi,” ucap Fatur. (Dye)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini