Dekan FISIP UIN Walisongo Kenalkan Budaya Kampus Pada Mahasiswa Baru

Suasana kegiatan pengenalan kampus kepada mahasiswa baru oleh FISIP UIN Walisongo Semarang. (Foto dok FISIP UIN)

SEMARANG (Sigi Kateng) – Mahasiswa Baru FISIP UIN Walisongo Semarang diajak oleh pimpinan kampus untuk mengenal kampusnya lebih dekat. Sebelumnya, pada minggu lalu seluruh fakultas di lingkungan UIN Walisongo Semarang telah mengadakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kampus (PBAK). 

Dalam kegiatan hari ini, Senin (8/8/2022), pihak FISIP memberikan beberapa materi dengan beberapa narasumber. 

Materi pertama dibawakan langsung oleh Dr.Tolkhatul Khoir, M.Ag. dengan tema etika kampus. Seperti yang dikatakan oleh narasumber, bahwa tri etika kampus ini ada 3 yaitu diniyah, ilmiah, dan ukhuwah. 

Selanjutnya disambung dengan pemateri kedua yaitu Dr. Muhyar Fanani M.Ag.

“Sering-seringlah adu argumentasi jangan hanya diam dan juga seringlah pergi ke perpustakaan. Perbedaan seorang mahasiwa dengan siswa harus berpikir bebas”, tutur dekan pertama FISIP UIN Walisongo tersebut.

Memasuki materi ke tiga oleh Dr. Ahwan Fanani, M.Ag, Wakil Dekan I dengan tema kefalkutasan dan sistem perkuliahan, dilanjutkan dengan materi dari Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan yaitu Dr.Moh khasan, M.Ag dan Ketua  DEMA FISIP M. Faris Balya yang membawakan tema tata kelola ormawa dan kebijakan kemahasiswaan.

Usai mendapatkan seluruh materi tersebut, mahasiswa baru diajak untuk mengelilingi Forest Garden yang berlokasi di depan gedung FISIP yang  terdapat beberapa stand di gazebo dari UKM yang ada di FISIP seperti UKM QAI, FSC, FORSHA, BHINEKA, F-ENTRE, LPM REFERENCE.

Expo UKM ini juga dihadiri oleh Dekan FISIP Dr. Misbah Zulfa Elizabeth, M.Hum didampingi oleh Wakil Dekan III Dr.Moh Khasan serta Ketua Panitia PBAK Endang Supriadi, M.A. Tujuan dari Expo UKM ini untuk memperkenalkan unit-unit kegiatan mahasiswa kepada mahasiswa baru. 

Namun saat rangkaian kegiatan Expo UKM, sebagian mahasiswa baru dialihkan ke photobooth FISIP, dikarenakan Gazebo FISIP tidak mancukupi untuk banyak orang. Mahasiswa baru yang berfoto di photobooth FISIP, mereka memegang Stick Photobooth, yang bertuliskan kata-kata lucu dan kreatif.

Setelah selesai dilanjut dengan ishoma kemudian para mahasiswa baru mengikuti materi terakhir yaitu pengembangan literasi dan kebahasaan UIN Walisongo. Materi langsung dari Universitas yaitu Ketua Pusat Pengembangan Bahasa, H. Alis Asikin, M.A.  Penutupan PBAK hari kedua ini yaitu terdapat Orientasi Jurusan atau Prodi sosiologi dan prodi Ilmu Politik yang disampaikan oleh Ketua dan Sekretaris Jurusan masing-masing yang dipisah menjadi dua tempat. (Mushonifin)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini