Cek! Terntara Expired Date dan Best Before Date itu Berbeda Lho, Apa Saja Perbedaannya?

Ilustrasi (foto Twitter waste4change)

SIGIJATENG.ID – Anda mungkin pernah tidak memperhatikan tanggal kadaluwarsa pada kemasan makanan yang baru saja dibeli. Suka ngeri sendiri kan kalau beli makanan kemudian baru saja tahu jika makanan yang dibeli sudah lewat tanggal best before atau expired datenya?

Pasti rasanya menyesal dan takut sakit karena makan makanan yang sudah melewati tanggal yang tercantum di kemasan. Padahal, best before dan expired date adalah dua hal yang berbeda. Kenali yuk perbedaan dua istilah ini!

Expired Date merupakan tanggal batas maksimal produk aman dikonsumsi, sebelum busuk, tidak bergizi, dan berbahaya. Nah, jika tanggalnya sudah lewat, produknya wajib dibuang ya.

Berbeda dengan expired date, best before date merupakan tanggal minimal sebelum kualitas produk menurun. Contohnya seperti rasa, tekstur, aroma, dan tampilan. Karena merujuk ke kualitas, maka makanan yang belum dibuka kemasannya dan disimpan dengan tepat akan membantu kesegaran serta kualitas produk terjaga.

Kalau kemasan sudah dibuka dan penyimpanannya tidak sesuai standar ketika masih di toko, artinya makanan sudah bersentuhan dengan udara yang berisi berbagai zat. Nah, hal ini juga harus diantisipasi oleh konsumen karena bisa jadi rasa makanan sudah berubah, kandungan gizi turun, atau warnanya berubah.

Kalau tanggalnya sudah lewat? Tenang, masih aman kok untuk dikonsumsi. Namun, produk tidak lagi dalam kondisi terbaik.

Ada satu lagi nih yang sering kita lihat di produk-produk, yaitu Manufacturing Date (MFG). MFG adalah waktu produksi suatu produk dengan jangka waktu konsumsi 2 tahun. Jadi anda bisa mengira-ngira sendiri ya, kapan produk tersebut sudah tidak layak dikonsumsi atau digunakan.

Sementara itu, The Canadian Food Inspection Agency merilis lima jenis makanan yang harus punya tanggal kedaluwarsa. Makanan itu adalah susu formula bayi dan pengganti ASI lainnya, suplemen gizi, makanan pengganti, makanan untuk diet rendah energi, dan makanan diet cair.

Selalu biasakan untuk melihat tanggal kedaluwarsa produk yang dibeli agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait kesehatan kita.

Ada juga jenis makanan yang harus cepat dikonsumsi setelah kemasannya dibuka yakni keju, daging, ayam, susu, serta telur. Lebih baik jangan terlalu lama disimpan ya kalau anda sudah membuka kemasannya agar kandungan nutrisinya tetap bisa bermanfaat untuk tubuh anda. (akhida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here