Cegah Spekulan Yang Merusak Harga saat Libur Nataru, Ini Yang Dilakukan Pemkot Semarang

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin saat memantau ketersediaan dan harga sembako di Pasar Jatingaleh, Semarang, Rabu 21 Desember 2022. (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan melakukan pantauan harga dan stok kebutuhan bahan pokok secara rutin untuk memastikan keamanan dari sisi ketersediaan ataupun distribusi. Termasuk potensi adanya spekulan-spekulan harga yang merusak harga komoditas di pasaran.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin mengatakan hingga saat ini memang belum ditemukan spekulan, namun pihaknya bersama TNI POLRI dan OPD akan rutin melakukan pemantauan stok dan harga di pasar hingga ketingkat produsen.

“Saat ini memang belum ditemukan spekulan tapi mulai hari ini kita akan lakukan pantauan rutin. Kita kerjasama dengan Babinsa, Babinkamtibmas, lurah dan Camat setempat untuk rutin lakukan pemantauan di lapangan agar tidak ada spekulan yang berani bermain-main,” kata Iswar saat melakukan tinjauan bersama Forkopimda di Pasar Jatingaleh, Semarang, Rabu 21 Desember 2022.

Iswar mengakui saat ini harga bahan pokok seperti beras, telur dan ayam di pasar tradisional masih dalam taraf stabil. Kenaikan yang dialami saat ini juga terbilang kecil yakni sekitar 5-10 persen dari harga biasanya.

Misalnya saja harga telur di Pasar Peterongan Rp 28 ribu per kilogram, sementara di Pasar Jatingaleh Rp 30 ribu per kilogram.

“Memang ada kenaikan harga terutama beras, telur, ayam tapi menurut saya itu masih wajar karena kenaikan tidak terlalu signifikan. Ketersediaan semuanya juga masih aman,” bebernya.

Pihaknya juga akan melakukan pengecekan langsung ke produsen sembako terkait dengan harga, agar tidak menaikkan harga dalam suasana Nataru ini.

“Pasokan lancar, tidak ada kekurangan dan tersedia cukup untuk masyarakat Kota Semarang, kenaikan tidak terlalu signifikan tapi kita tetap harus menjaga harganya,” tandasnya. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini