Cara Kerja Hosting, Kelebihan dan Kekurangannya

Ilsutrasi: Cara Kerja Hosting, Kelebihan dan Kekurangannya ( foto freepik)

SIGIJATENG.ID Bagaimana cara kerja hosting? Sekarang menjalankan sebuah bisnis akan terasa kurang lengkap tanpa memiliki website. Melalui website, kamu lebih berpeluang dalam mencari dan mendapatkan pelanggan baru. Namun, terkait pengelolaan website ini kamu juga harus memahami istilah bernama hosting.

Setelah itu, kamu bisa mulai mencari jasa VPS Indonesia murah dan berkualitas. Melalui website, semua orang bisa lebih mudah mengakses informasi yang kamu tawarkan. Bukan tidak mungkin kamu mampu menjangkau pelanggan bukan hanya di Indonesia melainkan dari negara lain.

Apa Itu Hosting?

Web hosting merupakan sebuah layanan berbasis online yang digunakan untuk membuat website dapat muncul di internet, tanpa adanya layanan ini website milikmu tidak dapat diakses orang lain lewat koneksi internet. 

Ketika kamu mengakses internet dan mengetik nama website, maka informasi yang kamu butuhkan akan langsung muncul. Agar dapat memunculkan informasi inilah kamu membutuhkan hosting. Layanan ini juga berperan untuk mengamankan data-data dari serangan cyber.

Cara Kerja Hosting

Ketika kamu baru membuat website, kamu harus mencari perusahaan hosting yang menyediakan space server yang cukup. Mengapa? Karena cara kerja hosting dimulai dari perusahaan layanan hosting tersebut. 

Nantinya semua data yang ada dalam website milikmu, mulai dari video, foto, sampai dengan gambar akan muncul di web hosting tersebut. Setelah itu, para pelanggan yang mengakses website akan memperoleh apa yang mereka cari melalui host

Server space sendiri tidak jauh berbeda dengan persewaan. Sama seperti ketika kamu berlangganan koran atau aplikasi tertentu. Kamu harus membayar biaya berlangganan agar kamu tetap bisa menggunakan layanannya. Biasanya biaya tersebut akan dibebankan kepada kamu setiap bulan maupun setiap tahun.

Bagaimana dengan Shared Hosting?

Shared hosting merupakan satu di antara beberapa jenis web hosting, di mana servernya dipakai dalam waktu bersamaan dengan para pengguna website yang lain. Jenis hosting yang satu ini menawarkan resource, seperti bandwidth, storage, sampai dengan database yang kamu pakai sesuai kebutuhan.

Selain itu, kamu juga akan memperoleh performa yang optimal melalui layanan tersebut. Alasannya, pengelolaan serta konfigurasi server langsung dilakukan penyedia layanan. Inilah yang membuat shared hosting cocok bagi pengguna awam.

Selain itu, shared hosting menawarkan harga lebih murah. Kamu bisa membandingkan sendiri dengan harga dari jenis web hosting lainnya. Bahkan ada jasa layanan yang menawarkan harga mulai dari Rp10.000,00 untuk setiap bulannya.

Cara Kerja Shared Hosting

Bagaimana cara kerja hosting yang digunakan oleh pengguna awam? Dapat dianalogikan bahwa, menggunakan layanan ini tidak jauh berbeda ketika kamu menyewa apartemen.

Apartemen ibarat server yang akan menyimpan database website milikmu. Pada apartemen, seluruh pengguna dapat memanfaatkan fasilitas yang ada. Mereka bisa memakai tangga, lift, kolam renang, parkir mobil, dan masih banyak yang lainnya.

Pada saat ada salah satu pengguna atau penghuni apartemen memakai fasilitas secara berlebihan, maka berpotensi mengganggu pengguna yang lain. Inilah yang selanjutnya akan diatur oleh pihak pengelola apartemen.

Nah, untuk shared hosting sendiri fasilitas yang akan kamu peroleh adalah bandwidth, disk space, dan sebagainya. Jika ada satu pengguna yang memakai resource secara berlebihan, maka pengguna lain pun akan merasakan imbasnya.

Namun, karena cara penggunaan yang berbagai resource ini justru membuat harganya cenderung lebih murah. Tidak heran banyak yang merekomendasikan shared hosting sebagai pilihan bagi pemula. Namun, ketika trafik website sangat tinggi, kamu bisa beralih ke jenis web hosting yang lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Setelah memahami bagaimana cara kerja hosting, berikut ini beberapa kelebihan serta kekurangan dari shared hosting:

1. Kelebihan Shared Hosting

  • Pembaruan, keamanan, serta pengelolaan server dilakukan penyedia hosting. Jadi, kamu tidak akan kerepotan mengurus masalah ini.
  • Resource yang kamu dapatkan sudah cukup ketika kamu ingin membangun website yang sifatnya fungsional. Misalnya unlimited bandwidth, disk space, database, sampai dengan SSL.
  • Harga Ekonomis

2. Kekurangan Shared Hosting

  • Karena menggunakan server secara bersamaan dengan pengguna lain, maka ketika ada penggunaan secara berlebihan performa dapat menurun. Bisa jadi, performa website tidak secepat yang kamu kira.
  • Terbatas bagi website yang mempunyai trafik tinggi

Tips Penting Memilih Shared Hosting

Bagi kamu yang ingin menggunakan shared hosting, ada beberapa hal penting untuk kamu perhatikan, yaitu:

1. Performa Server

Tips yang pertama bisa kamu lihat dari performa servernya. Performa yang ditawarkan oleh sebuah server hosting harus unggul. Keunggulan ini bisa kamu lihat dari seberapa baik serta cepat performanya. Sehingga, layanan tersebut akan menjalankan tugasnya secara efektif.

2. Review Pelanggan

Kamu juga harus melihat bagaimana pelanggan memberikan responnya terhadap layanan shared hosting tersebut. Ini bisa menjadi salah satu patokan untuk menentukan apakah memang layanan yang ditawarkan padamu sesuai apa yang kamu inginkan atau malah sebaliknya.

Reaksi para pelanggan inilah yang menggambarkan seperti apa kualitas dari layanan hosting tersebut. Jika ternyata layanannya buruk, kamu bisa mencoba mencari layanan lain yang memiliki review lebih positif.

3. Kapasitas Penyimpanan

Penyimpanan yang besar bisa menjadi patokan di dalam keberhasilan server untuk memberikan layanan terbaiknya pada pelanggan. Karena itu, sebelum kamu memilih shared hosting, pastikan bahwa penyimpanan yang akan kamu dapatkan nanti besar dan cukup untuk penggunaan secara bersamaan.

4. Bandwidth

Tidak kalah penting bagi kamu juga memperhatikan bandwidth. Karena melalui bandwith akan terlihat secara jelas seperti apa performa hosting maupun server pada sebuah website.

Sudah Paham Tentang Cara Kerja Hosting?

Demikian informasi bagaimana cara kerja hosting, kelebihan dan kekurangan, hingga tips memilih shared hosting. Sekarang waktunya memilih layanan hosting mana yang akan kamu percaya untuk menyimpan dan memunculkan informasi seputar website di internet. dan jangan lupa beli domain di Niagahoster. (aris)

Artikel terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini