Cara Convert Data Dari PDF ke Excel Anti Berantakan

Logo Ms Excel (foto unsplash)

SIGIJATENG.ID – Terkadang bagi kita yang bekerja dengan mengandalkan program Microsoft Excel sering dibuat kesal karena ada saja yang mengirim data excel dalam format PDF. Ingin meminta softcopy excelnya namun sering kali juga tidak segera dikirimkan, padahal ada pekerjaan mendesak terkait data tersebut.

Usut punya usut data pdf yang mereka kirimkan akan berantakan jika hanya sekadar kita di copy paste, nah supaya permasalahan anda terselesaikan, baca solusinya di dalam artikel ini.

Meskipun harus mengunduh aplikasi di perangkat terlebih dahulu, rekomendasi aplikasi ini mungkin bisa lebih memudahkan anda. Karena, anda mungkin tidak terkoneksi dengan internet selama 24 jam dan ketika anda butuh meng-convert PDF ke Excel, anda sudah punya aplikasinya di perangkat.

Terlebih, aplikasi-aplikasi konversi ini tersedia dalam dua versi, berbayar dan juga gratis. anda dapat convert PDF to Excel kapanpun, bahkan tanpa adanya internet. Berikut beberapa aplikasi convert yang bisa anda install sekarang juga.

  1. Menggunakan Adobe Acrobat DC

Apapun yang ingin Anda lakukan pada file PDF, Adobe Acrobat sungguh menunjang semuanya, termasuk mengubah file PDF menjadi format Excel.

Akan tetapi, aplikasi ini memang tidak tersedia secara gratis, dan membutuhkan biaya langganan berkala untuk menggunakannya. Namun jika Anda sudah memilikinya di laptop, Anda bisa menggunakan tahapan di bawah ini.

  1. Buka file PDF menggunakan Adobe Acrobat DC.
  2. Klik pada menu Export PDF.
  3. Pilih menu Spreadsheet dan klik pada tulisan Export.
  4. Pilihlah direktori penyimpanan dan simpan hasil konversi yang telah Anda buat.

Ya, semudah itu. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengotak-atik pengaturan agar lebih sesuai dengan hasil yang diharapkan

  1. PDF to All Converter

Aplikasi gratis ini sebenarnya multifungsi, tak hanya dapat mengubah PDF ke Excel melainkan juga format-format dokumen yang lainnya. Langsung saja, kalau mau mengubah PDF ke Excel, first step yang perlu anda lakukan adalah menjalankan aplikasi dan klik Browse.

Setelah itu, pilih dokumen yang ingin diubah dengan klik File PDF lalu klik Open. Pastikan anda memilih PDF to Excel. Selanjutnya, tunggu hingga proses konversi selesai dan file milikmu otomatis tersimpan. Untuk membuka hasil convert to Excel, pilih Open Output Folder, ya.

  1. PDF Element

Software selanjutnya yang bisa anda coba bernama PDF Element. Melalui aplikasi tersebut, anda dapat melakukan konversi tanpa terhubung internet, canggih, kan? Pastikan terlebih dahulu menginstall aplikasinya, ya. Selanjutnya, buka dan pilih opsi Open File.

Lalu, cari dokumen yang ingin diubah, terus klik File PDF dan pilih Open. Cari lagi opsi Convert pada menu bar, serta tambahkan keterangan To Excel, lalu klik Continue. Jangan lupa tentukan lokasi folder penyimpanan. Terakhir, pilih Save dan tunggu hingga konversi selesai sebelum klik opsi Finish.

  1. Foxit Reader

Convert PDF dengan cara ini cukup unik dibandingkan cara-cara sebelumnya. Aplikasinya bisa didapatkan secara gratis melalui situs resminya. Bedanya, untuk aplikasi ini, anda harus membuka file PDF terlebih dahulu dan copy paste isi dokumennya dengan pilih tab Home, Select, lalu Select Text lagi atau tekan CTRL + A.

Jika semua teks sudah ter-copy, jalankan Microsoft Excel dan klik Paste atau Paste Keep Source Formatting untuk hasil yang lebih rapi menyesuaikan dengan format aslinya. Dan, terakhir pilih Save.

  1. Menggunakan Software Able2Extract

Cara sebelum mungkin membuat Anda kesulitan apabila file-nya berukuran besar dan tidak punya kecepatan internet yang memadai. Nah, cara ini bisa jadi pas untuk Anda, karena mengandalkan aplikasi yang hanya perlu diinstal sekali.

Unduh aplikasi Able2Extract melalui link ini.

Instal aplikasi tersebut pada PC Anda.

Buka aplikasi Able2Extract dan klik Open, pilih file PDF yang akan dikonversi.

Di sidebar sebelah kanan, ada seksi Selection. Klik pada tulisan Select all.

Pada tab Convert, Anda bisa memilih menu Excel untuk melakukan konversi file PDF ke Excel.

Akan muncul dua pilihan, yakni Automatic dan Custom. Jika ingin formatnya sama persis dengan file PDF asli, pilihlah opsi Automatic dengan mengklik tulisan Convert. Pilihan Custom mengharuskan Anda untuk melakukan penyesuaian lagi terhadap struktur tabel.

Pilih direktori penyimpanan dan klik tombol Save.

Coba buka file XLSX yang sudah disimpan tadi. Dijamin, hasilnya akan serupa dengan yang cara No. 2 tadi, menjaga keaslian format tabel supaya tidak berbeda dengan aslinya. Sekarang, tabel tersebut bisa digunakan sebagai referensi untuk sheet lainnya menggunakan formula yang Anda butuhkan. Memang cukup disayangkan, untuk versi trial-nya, Anda dibatasi hanya bisa melakukan konversi maksimal tiga halaman dalam sekali proses.

Ternyata, mengubah file PDF menjadi file Excel tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Sudah ada beragam macam aplikasi yang menyediakan layanan konversi tanpa harus mengorbankan formatting. Asalkan jangan lupa untuk membuat versi OCR dari file PDF yang akan dikonversi. Jika tidak, bisa-bisa hasil file Excel-nya hanya menampilkan gambar yang sama sekali tidak bisa diedit. (akhida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here