Bupati Dico Ungkap Jadi Entrepreneur Handal Harus Miliki Jiwa dan Karakter Ini

Bupati Dico M Ganinduto saat beraudiensi dengan siswa serta memberikan arahan di HIPMI Goes to SMA Negeri 1 Kendal, Kamis (4/8/2022). Foto : Prokompim Setda Kendal

Kendal (Sigijateng.id) – Bupati Dico M Ganinduto mengatakan jika antara pengusaha dan entrepreneur adalah merupakan satu bagian yang tidak bisa dipisahkan. Tapi menjadi entrepreneur harus memiliki jiwa dan semangat yang lebih dibanding menjadi seorang pengusaha.

“Pengusaha itu ibarat orang mau berjualan jeruk, beli berapa dijual berapa. Tapi menjadi entrepreneur butuh proses dan mampu mengolah usaha memiliki nilai jual lebih tinggi. Jadi bukan sekedar berjualan jeruk, tetapi bagaimana jeruk ini diolah agar mempunyai nilai lebih,” kata Dico saat menjadi keynote speaker di HIPMI goes to SMAN 1 Kendal, Kamis (4/8/2022).

Dijelaskan, ada 8 sikap yang harus dimiliki oleh entrepreneur yakni berjiwa kepemimpinan, memiliki kemampuan manajerial yang baik, mampu mengambil keputusan yang baik dan benar. Tidak hanya itu entrepreneur harus berani untuk bersaing, adaptif dan transformatif, siap dengan segala risiko, berani berinovasi dan memiliki visi ke dapan.

 “Pemuda Kendal harus memiliki jiwa kepemimpinan dan terus melatih skill kewirausahaan untuk menciptakan lapangan kerja bagi yang membutuhkan. Jadikan Kendal sebagai kabupaten yang mandiri dan semakin handal,” tegas Dico.

Sementara, Ketua BPC HIPMI Kendal Arifianto mengatakan, kunci pembangunan adalah pengembangan SDM dan HIPMI mengambil peran tersebut. “Anak muda sekarang lebih berkembang ke ekonomi kreatif HIPMI tidak hanya mencetak pengusaha muda tetapi juga mencetak pemimpin,” ucap Arifianto.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SMA 1 Kendal Yuniasih mendukung kegiatan pembekalan siswa untuk bisa mandiri dan memiliki jiwa kewirausahaan.

”Jiwa semangat untuk mewujudkan usaha bisa dilakukan melalui perjuangan. Ilmu pengetahuan tidak sebatas di sekolah namun bisa menerima dari mereka yang berpengalaman salah satunya dari pengusaha muda yang tergabung di HIPMI Kendal,” tandasnya. (Red)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here