Bikin Bangga, UNAIR Sabet 4 Medali dan Jadi Juara Umum di KMI Expo 2022

Bikin Bangga, UNAIR Sabet 4 Medali dan Jadi Juara Umum di KMI Expo 2022 (foto : Dok. UNAIR)

SIGIJATENG.ID – Universitas Airlangga (UNAIR) kembali diharumkan namanya usai tim mahasiswanya yang berhasil memborong piala dalam kompetisi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) 2022 yang diselenggarakan beberapa hari lalu.

Dilansir dari laman resmi UNAIR, mereka berhasil membawa 4 medali sekaligus yang ditorehkan oleh tujuh tim. Medali tersebut diantaranya dua medali emas didapatkan oleh tim Duck Point Special Egg, dan tim Makaseehrek, satu medali perunggu oleh tim Incredible Floaties Staycation, serta juara harapan 1 oleh tim Blair.

Prestasi membanggakan di ajang bergengsi tingkat nasional ini otomatis membuat UNAIR menjadi juara umum, disusul ITS, UNY dan UGM. Kenaikan perolehan medali tersebut berdampak signifikan terhadap posisi UNAIR yang hanya berada di urutan kedua pada tahun sebelumnya.

Melihat hal ini, direktur kemahasiswaan UNAIR, Prof Dr M Hadi Shubhan SH MH CN, mengapresiasi penuh kepada tim-tim yang telah berkompetisi tahun ini.

“Mengingat, kompetisi ini diikuti oleh lebih dari seribu tim dan seratus lebih universitas dari seluruh Indonesia, sehingga ini menjadi sebuah prestasi yang amat membanggakan,” ujarnya, dikutip SIGI JATENG, Senin (28/11/22).

KMI Expo merupakan pameran hasil produk yang telah melalui proses seleksi, dan pendanaan. Sebelum mencapai tahap ini, tim asal UNAIR telah melalui berbagai proses, yakni pembuatan ide proposal, tahapan presentasi, dan berbagai tahapan lain dalam mengembangkan produk.

Kompetisi KMI 2022 ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Selain sebagai bentuk dari keaktifan mahasiswa dalam melakukan kegiatan positif, kegiatan itu juga memberikan segudang ilmu kewirausahaan, softskill, dan pengalaman yang amat berharga bagi para mahasiswa.

Hasil memukau sebagai juara umum kewirausahaan di tingkat nasional, juga membuktikan iklim kewirausahaan yang kondusif serta suportif di UNAIR. Mengingat, bahwa emas yang diraih pada ajang-ajang bergengsi lain seperti pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) juga meliputi bidang kewirausahaan.

UNAIR telah memfasilitasi kegiatan kewirausahaan mahasiswa melalui badan-badan seperti Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR serta Badan Pengembangan Bisnis Rintisan dan Inkubasi (BPBRIN) UNAIR berkaitan dengan hilirisasi serta pengembangan bisnis.

Sementara itu, KMI Expo XIII 2022 telah resmi ditutup pada Jumat, 25 November 22 yang diselenggarakan di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur. (dimas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here