Bertajuk ‘Jumat Curhat’ Polsek Sukorejo Dengarkan Keluh Kesah Masyarakat, Ini Tujuannya

Polsek Sukorejo menggelar Jumat Curhat berama warga di Aula Balai Desa Muyosari Sukorejo, Jumat (30/12/2022) –Foto : Dok. Polsek Sukorejo

Kendal (sigijateng.id) – Polsek Sukorejo Polres Kendal, menggelar kegiatan bertajuk ‘Jumat Curhat’ untuk mendengarkan keluh kesah masyarakat secara langsung.

Kapolsek Sukorejo AKP Sugeng SH mengatakan, dengan adanya Jumat Curhat itu pihaknya bisa tahu keluh kesah dan kondisi masyarakat di lapangan. Ia menilai bahwa inovasi itu menjadi acuan untuk bisa meningkatkan pelayanan kepolisian.

“Iya benar hari ini Polsek Sukorejo melaksanakan Jumat Curhat di Aula Balai Desa Mulyosari Kecamatan Sukorejo, tadi ada keluhan atau masukan dari beberapa masyarakat,” kata AKP Sugeng SH kepada sigijateng.id pada Jumat (30/12/2022).

AKP Sugeng SH menuturkan, masyarakat memberikan sejumlah aduan dan masukan di kegiatan tersebut, seperti masalah geng motor yang sedang ramai dan meresahkan masyarakat yang terjadi di beberapa wilayah lain.

“Masyarakat mengeluhkan soal geng motor yang sedang ramai atau viral di beberapa wilayah yang ada di jawa barat dan tidak menutup kemungkinan ada di kabupaten sukabumi,” ujarnya.

AKP Sugeng SH menyampaikan, dalam pasal 13 UU No 2 Tahun 2002 dijelaskan bahwa tugas pokok Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum; dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Polsek Sukorejo menggelar Jumat Curhat berama warga di Aula Balai Desa Muyosari Sukorejo, Jumat (30/12/2022) –Foto : Dok. Polsek Sukorejo

Dengan adanya keluhan itu, pihaknya menyampaikan bahwa polisi akan menggelar Kegiatan rutin  yang ditingkatkan (KRYD) setiap malamnya.

“Kegiatan Patroli skala besar polsek gabungan  ini dimaksudkan untuk antisipasi kejahatan malam termasuk aksi geng motor dan tindak kejahatan lainnya,” tutur dia.

Lanjut dia mengatakan, inovasi Jumat Curhat itu bakal dilakukan secara rutin setiap hari Jumat ke depannya. Yakni terkait semua permasalahan yang terjadi maupun terkait Harkamtibmas sehingga terjalin silaturahmi dan kemitraan antara Polri dan masyarakat.

Dia mengaku pihaknya akan menyediakan waktu selama satu hingga dua jam untuk mendengarkan keluhan masyarakat.

“Intinya, masyarakat bisa menyampaikan keluh kesah, curhatan atau saran masukan kepolisian, supaya kami bisa tindak lanjuti segera,” pungkasnya

Sementara itu, salah seorang warga Sugiyono Ketua RW setempat mengapresiasi dan mendukung upaya Polri melalui kegiatan Jumat Curhat tersebut. Menurutnya, dengan kegiatan itu, masyarakat menjadi lebih dekat dengan polisi. “Senang sekali, Jumat Curhat bisa langsung mengena dan menyentuh apa yang dikeluhkan masyarakat,” ujarnya.

“Alhamdulilah, desa kami aman dan damai. Babinkamtibmas dan Babinsa selalu hadir dan ada setiap ada kegiatan yang ada di masyarakat. Silaturahmi menjadi kuat,” imbuhnya.

Diketahui pogram Jum’at curhat ini dilaksanakan untuk mendengar secara langsung informasi, keluhan, aduan, saran, kritik dan masukan dari masyarakat kepada Kepolisian dimana kegiatan ini juga merupakan program Quick Wins Polri Presisi dari Kapolri. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini