Bawaslu Jepara Ajak Disabilitas Tingkatkan Partisipasi Pengawasan dan Dorong Pemilu Ramah

Bawaslu Jepara gelar Rapat Koordinasi Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan Disabilitas, Minggu (17/4/2022). (Foto. Bawaslu Jepara)

JEPARA (Sigi Jateng) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jepara ajak para penyandang disabilitas untuk meningkatkan pengawasan partisipatif dari para penyandang disabilitas dalam pemilu 2024. Hal ini terlihat saat Bawaslu mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan Disabilitas, di Djago Resto & Cafe Jepara.

Hadir Ketua beserta 4 anggota Bawaslu Jepara, Koordinator Sekertariat Bawaslu Jepara beserta Staf, Peserta peyandang disabilitas dari berbagai organisasi. Acara dengan tema Menghadirkan Pemilu Inklusif Untuk Semua Segmen Masyarakat ini menghadir narasumber dari liputan disabilitas saudara Mohammad Said.

Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran sahabat disabilitas dalam pengawasan partisipatif. Selain itu perlu untuk memberi motivasi sahabat disabilitas yang lain untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pemilu 2024 kedepan.

“Peran penting sahabat disabilitas dalam pengawasan partisipatif sangat dibutuhkan. Selain itu, saling memotivasi sahabat disabilitas yang lain untuk berperan aktif dalam pemilu 2024 kedepan, sehingga jumlah partisipasi sahabat disabilitas dapat meningkat,” Ucap Sujiantoko, Minggu sore (17/4/2022).

Sujiantoko juga menambahkan, bahwa hasil diskusi dengan sahabat disabilitas ini akan dijadikan bahan rekomendasi dan catatan bagi penyelenggara pemilu, pemerintah, maupun stake holder terkait agar pemilu 2024 kedepan dapat dilaksanakan ramah bagi disabilitas.

“Hasil rakor sosialisasi hari ini akan kami jadikan bahan rekomendasi dan catatan bagi penyelenggara pemilu, pemerintah, maupun stake holder terkait agar pemilu 2024 kedepan dapat dilaksanakan ramah bagi disabilitas,” tandas Sujiantoko.

Muhammad Said selaku pemateri berharap pemilu 2024 yang akan datang adalah pemilu yang ramah disabilitas. Sehingga sahabat dengan mudah berpartisipasi dalam pengawasi pemilu maupun menjalankan haknya sebagai pemilih dalam pemilu.

“Saya berharap pemilu 2024 adalah pemilu yang ramah disabilitas, mulai dari memberikan ruang untuk sahabat disabilitas ikut berpartisipasi sebagai penyelenggara atau menyediakan pelayanan dan fasilitasi bagi teman disabiilitas saat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar teman disabilitas dapat menggunakan hak pilihnya dengan mudah, ” ungkap Muhammad Said. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here