Bagaimana Hukum Berbagi Makanan dengan Non Muslim, Begini Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya (foto thumbnail YouTube Al-Bahjah TV)

SIGIJATENG.ID – Hukum seorang Islam untuk berbuat baik kepada seorang non muslim khususnya terkait bersedekah, misalnya bersedekah makanan, dijelaskan oleh Buya Yahya dalam tausiyahnya di Al Bahjah TV hari ini, 11 November 2022.

“Anda memberi makan kepada tetangga, kepada kerabat yang non muslim, anda dapat pahala. Selagi dia asli non muslim, non muslim yang tidak mendapat pahala adalah orang murtad, karena orang murtad telah khianat. Kalau tetangga kita non muslim, kita dapat pahala.,” jelas Buya Yahya.

Buaya Yahya menjelaskan, agama Islam mengajarkan keindahan, kalau dia sakit, kita beri obat, kalau dia lapar kita beri makanan, bukan sekadar sunnah tapi itu wajib. Bahkan kalau di dalam hadis nabi kita harus memuliakan tetangga kita.”

“Bahkan ada tiga hak seorang tetangga dari kita, selain dia tetangga, dia juga saudara dan dia seorang muslim. Ada tetangga yang dia bukan saudara tapi muslim, maka haknya dua. Kalau ada tetangga dia saudara kita tapi bukan muslim, haknya juga dua.”

“Justru jika kita zalim kepada tetangga, nabi yang murka kepada kita, indah Islam itu wahai para perindu kedamaian, maka anda seorang muslim tidak usahlah terlalu takut berbuat kebaikan kepada non muslim, karena ia juga diajarkan nabinya agar berbuat baik kepada yang muslim.”

“Tidak perlu bahkan main bunuh kepada yang bukan Islam, itu dalam peperangan saja, tidak boleh kita membunuh tetangga kita yang Nasrani, itu dosa besar.,” pungkas Buya Yahya (akhida)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here