Baanar Jateng Minta Kapolda Jateng Bentuk Satgas Test Urine

Kepala Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) Jawa Tengah, Taufiq Hidayat SH. (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Ditangkapnya Irjen Teddy Minahasa karena terbukti mengkonsumsi narkoba membuat masyarakat gempar. Bagaimana tidak, pria yang baru saja ditetapkan sebagai Kapolda Jatim itu terbukti mengkonsumsi narkoba saat melakukan tes urine sebelum mengikuti pertemuan dengan Presiden RI, Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

Oleh karena itu, Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) Jawa Tengah mendesak Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi membentuk satgas test urine untuk membuktikan anggota dan pejabat-pejabat polri di lingkungan Polda Jateng bebas dari narkoba.

Kepala Baanar Jateng, Taufiq Hidayat SH meminta kepada Kapolda Jawa Tengah agar seluruh anggotanya di wilayah hukum Polda Jawa Tengah, mulai dari tingkat Polda, Polrestabes, Polresta, Polres sampai Polsek semua diwajibkan untuk melakukan test Urine.

“Untuk supaya mengetahui apakah ada banyak anggota Polisi di Jawa Tengah yang terindikasi positif menggunakan Narkotika,” ujar Taufiq pada Minggu (16/10/2022).

Satgas ini, lanjut Taufiq bisa melibatkan banyak kalangan di luar institusi Polri, supaya benar-benar independen, transparan, akuntabel.

“Bahkan Baanar Jateng sendiri siap sedia jika diminta oleh jajaran Polda Jawa Tengah untuk ikut terlibat membantu dalam melakukannya assessment, test Urine untuk seluruh anggota Polisi di Wilayah Hukum Polda Jawa Tengah,” tandasnya.

Sebelumnya, dalam pernyataan yang disampaikan di peringatan Hari Anti Narkotika Nasional, Presiden Jokowi menyatakan Indonesia darurat narkotika.

“Namun ironisnya justru pejabat utama Polri yang terungkap mengkonsumsi barang haram tersebut,” tandas Taufiq.

Taufiqpun mengapresiasi langkah Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang berani melakukan test urine secara mendadak.

“Karena dari situ dirinya berhasil menangkap dan mentersangkakan salah satu anak buahnya yang tidak tanggung-tanggung seorang jenderal bintang dua dengan pangkat Irjen Polisi yang bernama Teddy Minahasa, karena yang bersangkutan terlibat perkara Narkotika,” jelasnya.

“Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) Jawa Tengah sangat mendukung Kepolisian menindak tegas setiap pelaku kejahatan, termasuk pelaku kejahatan yang melibatkan anggotanya. Terkhusus menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi dan Perintah Kapolri, sudah selayaknya kasus Teddy Minahasa menjadi atensi Khusus Kapolda Jawa Tengah,” terang Taufiq. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini