Arab Saudi Alami Cuaca Ekstrem, Para Jemaah Haji Diimbau Untuk Waspada

Jemaah haji Indonesia kloter pertama tiba di Madinah, Arab Saudi, Sabtu 4 Juni 2022. (Foto: kemenag.go.id)

Jakarta (Sigijateng.id) – Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meminta Pemerintah, khususnya Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), untuk menjaga jemaah haji dari bahaya cuaca ekstrem di Arab Saudi.

Menurut Cak Imin, Pemerintah harus bersiap terhadap segala kemungkinan yang terjadi terhadap jemaah calon haji Indonesia.

“Saat ini cuaca ekstrem sedang terjadi di Tanah Suci. Sejak awal harus ada persiapan dengan mengoptimalkan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh jemaah sebelum berangkat melaksanakan Ibadah Haji,” ujar Cak Imin kepada wartawan, Rabu (8/6/2022).

Saat ini, Arab Saudi tengah mengalami musim panas dengan suhu rata-rata 40 sampai 44 derajat celcius. Bahkan, suhu bisa lebih tinggi dari yang diperkirakan. Karena itu, kata Cak Imin, edukasi menjadi sangat penting sehingga seluruh jemaah sudah memahami apa yang akan mereka hadapi dan harus lakukan saat menjalankan ibadah haji dalam masa cuaca ekstrem.

“Kita harus menjaga keselamatan masyarakat yang menjalankan ibadah haji. Pemerintah dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) perlu selalu memantau setiap pergerakan jemaah calon haji di Tanah Suci,” imbuh dia.

Para jemaah calon Haji Indonesia sudah mulai berdatangan di Arab Saudi untuk memulai rangkaian ibadah Haji 1443 Hijriah/2022. Kloter keberangkatan calon haji Indonesia masih akan berlangsung hingga pertengahan Juni ini.

“PPIH dan Petugas Kesehatan Haji Indonesia kita harapkan selalu stand by untuk memenuhi kebutuhan jemaah calon haji sehingga masalah cuaca ekstrem di Arab Saudi tidak menghambat para jemaah selama menjalankan ibadah,” sebut Cak Imin.

Legislator dari Dapil Jawa Timur VIII tersebut juga mengingatkan panitia haji untuk menyiapkan sarana medis yang memadai, sekaligus pemondokan strategis dengan fasilitas yang layak. Muhaimin menambahkan, asupan makanan bagi para jemaah haji harus memenuhi standar nutrisi yang baik.

“Kondisi kesehatan para jemaah calon haji harus selalu diperhatikan oleh panitia haji agar mereka dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk,” tutur Pimpinan DPR Bidang Korkesra yang salah satu bidangnya mencakup soal agama itu.

Cak Imin pun meminta panitia haji untuk selalu mengingatkan jemaah haji agar beristirahat cukup sehingga dapat selalu prima saat beribadah. Dia berpesan agar panitia selalu memperhatikan penjadwalan jemaah haji.

“Saya secara pribadi mengimbau jemaah haji untuk selalu waspada. Jaga pola makan dengan baik dan perhatikan kebutuhan air minum untuk mencegah dehidrasi selama beribadah. Bawa bekal sedikit kurma sehingga saat kelelahan, asupan nutrisinya dapat membantu menambah tenaga. Dan kurangi melakukan aktivitas yang tidak diperlukan untuk menghemat tenaga,” pungkas Cak Imin. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini