Aplikasi Kendal Karier Tekan Angka Pengangguran, 1.000 Orang Sudah Diterima Bekerja

Tangkapan layar aplikasi karier.kendalkab.go.id

Kendal (Sigijateng.id) – Pemerintah Kabupaten Kendal serius menanggulangi pengangguran membantu masyarakat untuk bisa memperoleh pekerjaan yang layak. Salah satunya dengan terobosan inovasi baru berupa aplikasi Kendal Karier.

Aplikasi Kendal Karier tersebut merupakan hasil inovasi dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinnaker) Kendal dalam rangka memfasilitasi masyarakat Kendal yang ingin mencari pekerjaan di perusahaan industri.

Disela sosialisasi aplikasi Kendal Karier yang digelar di Aula Kecamatan Ngampel, Selasa (15/11). Bupati Kendal Dico M Ganinduto berharap, masyarakat Kendal memanfaatkan teknologi tersebut, untuk mencari peluang dan meningkatkan kualitas hidup.

“Aplikasi Kendal Karier ini untuk memfasilitasi calon tenaga kerja yang belum memiliki keterampilan untuk diberi pelatihan hingga diterima sebagai pekerja,” kata Dico.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto Disela sosialisasi aplikasi Kendal Karier yang digelar di Aula Kecamatan Ngampel, Selasa (15/11). Foto : Dok. Bagian Prokompim Setda Kendal

“Oleh karena itu aplikasi ini harus dimanfaatkan bagi masyarakat Kendal yang belum mendapatkan pekerjaan. Selain itu, harapannya dengan aplikasi ini bisa mengatasi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui Pemkab Kendal, lanjut Dico, telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Ketenagakerjaan yang memfasilitasi pelatihan bagi calon tenaga kerja.

Setelah mengikuti pelatihan, selanjutnya akan diterima sebagai pekerja di perusahaan. Pemkab Kendal pun sudah bekerja sama dengan seluruh perusahaan di Kawasan Industri Kendal (KIK) untuk perekrutan calon tenaga kerja dari Kabupaten Kendal.

“Adanya kerja sama dengan perusahaan ini, maka sudah pasti ada jaminan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Disperinnaker Kendal, Cicik Sulastri mengatakan, hingga saat ini sudah ada sebanyak 1.000 orang yang mendapatkan pekerjaan melalui aplikasi Kendal Karier.

“Yang mendaftar kerja lewat aplikasi Kendal Karier sekitar 3.000 orang dan yang sudah diterima bekerja sebanyak 1.000 orang,” jelasnya.

Ia mengatakan, manfaat aplikasi Kendal Karier ini juga sebagai database angka pengangguran di Kabupaten Kendal. Database ini untuk membuat prioritas kebijakan dalam mengatasi angka pengangguran di Kabupaten Kendal.

“Melalui aplikasi ini bisa diketahui angka pengangguran di Kabupaten Kendal, sehingga bisa dijadikan dasar dalam pengambilan kebijakan, misalnya mengadakan pelatihan sesuai kebutuhan,” pungkasnya. (Red)

Artikel terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini