SIGIJATENG.ID – Mendeley ini merupakan salah satu aplikasi wajib buat para mahasiswa, khususnya bagi mereka yang sedang menulis artikel ilmiah, jurnal, maupun skripsi dan tesis. Mendeley adalah aplikasi yang membantu kamu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitasi atau citation.
Selain itu, Mendeley juga mempunyai plug in yang bisa digunakan secara otomatis di Microsoft Word, sehingga memudahkan kamu mencari referensi atau membuat daftar pustaka tanpa harus menulis satu per satu atau secara manual.
Lantas bagaimana cara menggunakan Mendeley? Yuk simak ulasan berikut ini!
Berikut SIGI JATENG berikan langkah-langkah menggunakan aplikasi Mendeley:
1. Unduh dan Daftar Akun Aplikasi Mendeley
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi Mendeley. Kemudian kamu akan dibawa ke laman resmi Mendeley guna mendaftar akun. Kamu akan diminta untuk memasukkan email dan data diri. Setelah selesai, silakan langsung klik register.
2. Menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word
Setelah berhasil mengunduh dan registrasi, langkah selanjutnya yaitu menghubungkan aplikasi Mendeley ke Microsoft Word. Hal ini berguna agar bisa menggunakan sitasi dan daftar pustaka dengan mudah secara otomatis. Simak langkah-langkahnya:
- Buka aplikasi Mendeley, kamu akan diminta log in dengan email dan password yang sudah kamu daftarkan
- Setelah masuk, maka akan muncul jendela welcome pada Mendeley
- Klik Install MS Word plug in untuk menghubungkan keduanya. Ketika melakukan langkah ini, pastikan tidak ada aplikasi word yang sedang kamu buka.
- Jika jendela welcome tidak muncul, kamu bisa melakukan cara lain dengan mengakses menu tools pada aplikasi Mendeley, kemudian pilih install MS Word plug in
- Silakan buka MS Word, cek apakah sudah ada Mendeley dengan cara klik pada tab references.
3. Masukkan Data Referensi
Setelah berhasil menghubungkan Mendeley dengan MS Word, kamu perlu mengumpulkan jurnal, buku, atau referensi ilmiah lainnya yang ingin kamu jadikan referensi dalam bentuk PDF.
Pada aplikasi Mendeley, kamu perlu klik create folder untuk membuat folder, misalnya folder yang berjudul skripsi.
Kemudian pada panel kanan folder, klik kanan dan add files, kemudian pilih PDF sebagai referensi yang sudah kamu kumpulkan. Kamu juga perlu menyinkronkan PDF yang baru dimasukkan agar langsung terhubung ke MS Word ketika dicari dengan cara klik sync di bawah menu. Setelah berhasil, jangan lupa melakukan cek ulang seperti detail author, judul, tahun dan lainnya.
4. Menambahkan Referensi Manual di Mendeley
Pada Mendeley, kamu juga bisa menambahkan referensi yang kamu dapat secara manual. Berikut langkah-langkahnya:
- Buka aplikasi Mendeley, klik file dan klik add entry manual
- Masukkan data-data yang diperlukan seperti judul, penulis, tahun, link website dan lain-lain
- Sebelum mengisi data-data yang diperlukan, kamu mesti memilih jenis artikel yaitu web page (tidak masalah jika tidak mengisi semua, yang penting kamu mengisi jenisnya, judul, penulis, tahun, dan link)
- Klik save untuk menyimpan referensi-referensi yang ada di internet.
- Setelah itu jangan lupa untuk menyinkronkan supaya referensi yang kamu simpan akan terhubung ke MS Word
- Kamu bisa memasukkan sitasi dan daftar pustaka dengan cara klik tab references
- Klik insert citation untuk sitasi, bibliography untuk daftar pustaka. Jangan lupa mengganti style sitasi dan daftar pustaka sesuai ketentuan penulisan kamu.
5. Memasukkan Sitasi dan Daftar Pustaka
Saat kamu sudah mengumpulkan jurnal-jurnal atau referensi ilmiah lainnya tadi, langkah selanjutnya adalah memasukkan sitasi dan daftar pustakan dalam Word. Berikut langkah-langkahnya:
- Buka dokumen, lalu letakkan kursor di akhir kalimat yang akan kamu tambahkan sitasi atau diberikan kutipan
- Klik tab references, kemudian klik insert citation, tuliskan author atau judul untuk sitasi yang kamu cari.
- Cara lain, setelah klik insert citation, go to Mendeley, kemudian pilih jurnal yang mau diambil, lalu klik cite.
Nah itu dia cara menggunakan Mendeley. Semoga bermanfaat! (dimas)