AMSI Jateng Gelar Jateng Digital Awards 2022, Dimeriahkan Penyanyi Jawa Pop Hendra Kumbara

Penyanyi Jawa Pop Hendra Kumbara asal Pati akan memeriahkan AMSI Jateng Gelar Jateng Digital Awards 2022, di Patra Jasa Semarang, Rabu (21/9/2022). (foto amsi jateng)

SEMARANG (Sigijateng.id) – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Tengah akan menggelar Jateng Digital Awards 2022. Puncak kegiatan ini akan dilaksanakan di Poncowati Room, Patra Convention Hotel Semarang (Patra Jasa) , Rabu (21/9/2022) malam.

Kegiatan ini adalah sebagai bentuk apresiasi atas penerapan digitalisasi dalam tiap kinerja di beberapa sektor, mulai dari kampus, perusahaan, ataupun kantor pemerintah dan Dewan.

Apa itu AMSI? Sigijateng.id melansir dari websit amsi.or.id, Asosiasi Media Siber Indonesia, disingkat AMSI adalah organisasi yang dibentuk bersama para pemimpin redaksi perusahaan media pemberitaan online/siber yang ada di Indonesia. AMSI dideklarasikan pada 18 April 2017, dengan ide dasar utama membangun kebersamaan dan penguatan (empowering) sesama perusahaan media pemberitaan berbasis internet/digital.

Saat pendiriannya, tahun 2017 diinisiasi oleh 26 pemimpin media siber di Indonesia, dengan sebuat tekad, menjadikan media siber di Indonesia kian profesional, dipercaya, independen, dan membawa kesejahteraan bagi anggotanya. AMSI lahir di tengah suasana psikologis maraknya berita hoaks, terutama yang diamplifikasi melalui media sosial.

Melalui wadah organisasi AMSI, anggota perusahaan media diharapkan bisa makin meningkatkan kualitas pemberitaan maupun kesejahteraan perusahaannya. AMSI didirikan di tengah suasana psikologis penuh keprihatinan merebaknya berita bohong, berita palsu, atau yang kerap diistilahkan sebagai hoax di tengah masyarakat Indonesia. Ironisnya, produksi, penyebaran dan reduplikasi berita hoax acapkali mengatasnamakan media siber yang diamplifikasi secara masif melalui media sosial.

Saat ini (tahun 2022) AMSI beranggotakan lebih dari 340 perusahaan media siber yang tersebar di lebih dari 22 Provinsi di Indonesia. Di Jawa Tengah media online yang tergabung AMSI ada 21 media, ditambah beberapa media masih berstatus calon anggota.

AMSI terlahir untuk bersama-sama masyarakat, Dewan Pers, dan organisasi atau lembaga pers lainnya yang selama ini memiliki konsen terhadap upaya meningkatkan profesionalisme awak media maupun perusahaan media di Indonesia. Utamanya perusahaan media siber.

Ketua Panitia AMSI Jateng Digital Awards 2022, Ari Widiarto mengatakan, akan ada tujuh kategori dalam AMSI Jateng Digital Awards 2022 ini. Yaitu kategori “Perusahaan Swasta”, “Perguruan Tinggi Negeri”, “Perguruan Tinggi Swasta”, “Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)”, “Organisasi Perangkat Daerah (OPD)”, “Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)”, “Pemerintah Kabupaten-Kota” di Jawa Tengah. Masing-masing kategori akan dipilih satu juara, dari lima nomine yang telah dinilai panitia.

“Acara ini kami pastikan tak berbayar, atau tak ada pungutan biaya bagi penerima nomine. Penerima award maupun nominenya tak dipungut biaya sepeserpun. Tim penilai pun independen, dan pembiayaan murni dari sponsor,” tegas Ari dalam siaran tertulisnya, Selasa (20/9/2022).

Untuk memeriahkan acara, panitia juga akan mendatangkan salah satu artis nasional asal Jawa Tengah, Hendra Kumbara.

Dia musisi yang lagi naik daun Hendra Kumbara. Dia calon The Next Didi Kempot.

Hendra Kumbara merupakan penyanyi Jawa Pop muda berbakat asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang viral karena lagu Dalan Liyane yang berhasil menarik belasan juta penonton di YouTubenya.

Hendra Kumbara lahir di Pati, 12 Agustus 1989. Ia juga merupakan alumni Seni Drama Tari Musik dari Universitas Negeri Semarang (UNNES).

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kemajuan pihak-pihak yang menerima penghargaan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat,” katanya sambil menambahkan bahwa kegiatan ini didukung oleh SUKUN, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan Bank Jateng.

Sementara Ketua AMSI Jateng, Nurkholis menegaskan, digitalisasi tak dimungkiri memiliki manfaat yang begitu besar dan cukup berdaya dalam memajukan suatu bangsa. Sejumlah sektor seperti pemerintah daerah, DPRD, perguruan tinggi, hingga tak sedikit perusahaan di Jawa Tengah telah memanfaatkan digitalisasi untuk menunjang kinerja.

Sebagai bentuk apresiasi tertinggi atas penerapan digitalisasi dalam tiap kinerja di masing-masing sektor tersebut, AMSI Jateng tergerak untuk memberikan penghargaan melalui AMSI Jateng Digital Awards 2022 kepada pemerintah daerah (Provinsi/ Kabupaten/ Kota dan DPRD), perguruan tinggi (negeri/ swasta), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan perusahaan swasta di Jawa Tengah.

“Harapannya, penghargaan ini dapat menjadi pemacu semangat untuk terus mengoptimalkan penerapan digitalisasi di lingkungan kerja masing-masing. Sekaligus mendorong sektor-sektor lain untuk lebih melek teknologi dan digital,” tandasnya.

Jateng Digital Awards 2022 digelar di Patra Jasa Semarang, Rabu (21/9/2022) mulai pukul 18.30 sampai 21.30 WIB. (rizal)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here