AMSI Jateng Gelar Digital Award, Dorong Percepatan Digitalisasi di Semua Sektor Kehidupan Masyarakat

Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen saat memberi penghargaan dalam gelaran AMSI Digital Awards 2022 pada Rabu malam (21/9/2022) di Pocowati Room Patra Convention Hotel Semarang. (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (SigiJateng.id) – Apresiasi kepada lembaga-lembaga instansi baik pemerintah maupun swasta atas penggunaan teknologi digital dan melek teknologi. Apresiasi tersebut adalah dukungan bagi setiap insan yang sadar akan kemajuan digital serta keterbukaan informasi. 

Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen dalam gelaran AMSI Digital Award 2022 pada Rabu malam (21/9/2022) di Pocowati Room Patra Convention Hotel Semarang. 

Pria yang akrab disapa Gus Yasin itu mengapresiasi event AMSI (Asosiasi Media Siber) Jateng Digital Award yang diselenggarakan sebagai upaya memicu semangat pemerintah, perusahaan, universitas dalam penggunaan digital untuk pelayanan publik. 

“Kami ucapkan selamat dan terimakasih kepada AMSI Jateng, AMSI Pusat dan seluruh AMSI Indonesia, terutama AMSI Jateng yang menyelenggarakan award kepada pemerintahan, perusahaan, universitas dan sebagainya. Ini akan memicu semangat kita untuk menggunakan digital dalam pelayanan kepada publik agar mudah dan bisa diakses oleh masyarakat, ” katanya. 

Awarding event perdana milik AMSI Jateng ini diberikan kepada beberapa sektor usaha, perguruan tinggi dan pemerintah daerah. 

Gus Yasin menambahkan, dengan digitaliasasi bisa mendorong masyarakat untuk ‘aware’ terhadap pembangunan di Jateng karena masyarakat bisa mengakses informasi di pemerintah dengan mudah dan cepat. 

“Yang paling penting, dengan adanya digitalisasi masyarakat bisa menekan cost untuk urusan apapun. Untuk akses ke kami tidak perlu bolak balik mereka bisa berkomunikasi lewat WA, lewat media media sosial,” ujarnya. 

Gus Yasin menyebut, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bahkan telah menggunakan sistem digital sejak tahun 2018 untuk pelayanan masyarakat. 

“Kami bahkan sudah mendapat penghargaan pemerintah provinsi dengan literasi terbuka karena menggunakan digitalisasi, tentunya hal ini jadi dorongan untuk kabupaten kota bisa ikut menggunakan sistem digital, ” Katanya. 

Di sisi lain, Ketua AMSI Jateng Nurkholis mengatakan, penghargaan ini ditujukan untuk mendorong percepatan penerapan digitalisasi di semua sektor kehidupan masyarakat. 

“Pada hari ini kami AMSI Jateng yang semua pengurus dan anggotanya terdiri dari perusahaan-perusahaan media siber di Jawa Tengah menginisiasi dan menyelenggarakan AMSI Jateng Digital Award, ” ujar Nurkholis yang juga merupakan Pimpinan Redaksi BeritaJateng.Net ini. 

Ia menyebut jika penerima penghargaan maupun nominasi AMSI Jateng Digital Award tidak dipungut biaya alias gratis dengan dukungan penuh dari berbagai pihak seperti SUKUN, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan Bank Jateng.  

“Awarding ini dilakukan tanpa pungutan biaya,  tentunya dengan unsur penilaian yang sangat jelas dan tools yang sudah teruji dan dilakukan oleh tim terlatih,” katanya. 

Menurutnya, ada tiga penilaian yang dilakukan yakni berdasarkan pengelolaan website dan dua media sosial yakni YouTube dan Instagram dengan aspek penilaian berupa viewers, traffic dan engagement atau umpan balik yang dilakukan selama satu bulan. 

Tim penilai merupakan pakar-pakar media digital yang dimiliki oleh media siber anggota AMSI yang dimotori oleh Media Solopos. Keputusan pleno dilakukan oleh para pemimpin redaksi dari berbagai media siber dan anggota AMSI Jawa Tengah. 

Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabudin mewakili lembaga DPRD Jateng menerima penghargaan menjadi pemenang dalam katagero Lembaga DPRD di Jateng pada malam penganugerahaan AMSI Jateng Award 2022, Rabu (21/9/2022). ( foto aris syaefudin/sigijateng)

“Harapan kami melalui event ini, masyarakat semakin maju dalam penggunaan teknologi digital dan di era digital seperti sekarang mau tidak mau kita harus menyesuaikan apa yang ada didalamnya bersama komunitas digital, ” Ujarnya. 

Dalam AMSI Jateng Digital Award 2022 ini, ada tujuh kategori yang dinominasikan dalam yakni kategori Perusahaan Swasta, Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Pemerintah Kabupaten-Kota di Jawa Tengah. 

Dari tujuh kategori tersebut, berikut daftar pemenang dan nominasi AMSI Jateng Digital Award 2022 : 

1. Kategori Pemerintah Kabupaten Kota di Jawa Tengah, nominasinya:

Pemerintah Kabupaten Banyumas

Pemerintah Kabupaten Boyolali

Pemerintah Kabupaten Jepara

Pemerintah Kota Semarang

Pemerintah Kota Surakarta

Pemenang AMSI Jateng Digital Award 2022 Kategori Pemerintah Kabupaten Kota di Jawa Tengah: Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. 

2. Kategori Organisasi Perangkat Daerah di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, nominasinya : 

Badan Kepegawaian Daerah

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah

Dinas Kesehatan

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta

Pemenang AMSI Jateng Digital Award 2022 

Pemenang Kategori Organisasi Perangkat Daerah di Pemerintah Provinsi Jawa Tangah adalah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. 

3. Kategori Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di Jawa Tengah, nominasinya :

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Brebes

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Salatiga

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Semarang

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Surakarta

Pemenang AMSI Jateng Digital Award 2022 Kategori Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di Jawa Tengah: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah. 

4. Kategori Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah, nominasinya :

Universitas Diponegoro

Universitas Islam Negeri Walisongo

Universitas Jenderal Soedirman

Universitas Negeri Semarang

Universitas Sebelas Maret

Pemenang AMSI Jateng Digital Award 2022 Kategori Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret

5. Kategori Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah, nominasinya : 

Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Universitas Dian Nuswantoro

Universitas Katolik Soegijapranata

Univesitas Kristen Satya Wacana

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pemenang AMSI Jateng Digital Award 2022 Kategori Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah: Univesitas Kristen Satya Wacana

6. Kategori Perusahaan Swasta di Jawa Tengah, nominasinya : 

Danar Hadi Batik

Karoseri Laksana

New Ratna Motor (Nasmoco)

Polytron

Sritex

Pemenang AMSI Jateng Digital Award 2022 Kategori Perusahaan Swasta di Jawa Tengah: Polytron. 

7. Kategori Badan Usaha Milik Daerah Jawa Tengah, nominasinya : 

Bank Jateng

PDAB Tirta Utama Jateng

PRPP Jateng

PT BPR BKK Jateng

PT Sarana Patra Jateng

Pemenang AMSI Jateng Digital Award 2022 Kategori Badan Usaha Milik Daerah Jawa Tengah: Bank Jateng.  Tak hanya itu, salah satu artis Nasional asal Jawa Tengah, Hendra Kumbara ikut memeriahkan puncak acara AMSI Jateng Award 2022. (Mushonifin) 

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini