90 Pelatih Cabor Ikuti Workshop Susun Program Latihan Pelatda Persiapan PON 2024 KONI Jateng

Koni Jateng gelar Workshop Susun Program Latihan Pelatda Persiapan PON 2024 diikuti 90 pelatih cabor, Jumat (24/6/2022). ( foto aris syaefudin/sigijateng.id)

SEMARANG, (Sigijateng.id)  –  KONI Jateng terus bekerja dan bergerak untuk meraih sukses di PON XXI 2024 di Aceh-Sumut.

Agar persiapan matang, KONI Jawa Tengah (Jateng) mengumpulkan 90 pelatih cabang olahraga untuk membuat program latihan pemusatan latihan daerah PON XXI 2024 di Aceh-Sumut, selama dua  hari, Jumat – Sabtu (24-25/6/2022), di Hotel Quest Semarang,

Acara dengan tema ‘Workshop Penyusunan Program Latihan Pelatda KONI Jateng Tahun 2022’ itu dibuka langsung oleh Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura, Jumat (24/6/2022).

Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana menyatakan, dari forum workshop mendapatkan masukan terkait program pelatda Jateng menghadapi PON XXI 2024 di Aceh-Sumut.

“Kita akan menerima masukan dari pelatih dan mencari solusi atas masalah secara bersama-sama,” katanya di sela pembukaan kegiatan warkhshop, Jumat (24/6/2022).

Menurut Bona, prestasi olahraga Jateng sebenarnya tak bisa disepelekan dalam di tataran nasional, tinggal terus diciptakan adalah giat mengoptimalkan human resources atau sumber daya manusia untuk disiplin berlatih dengan pendekatan sport science.

Dia menyebutkan torehan prestasi atlet Jateng SEA Games 2021 di Vietnam dari 42 atlet yang masuk kontingen Merah Putih, 31 di antaranya berkontribusi menyumbangkan tujuh emas, 12 perak, 12 perunggu.

“Akan kita optimalkan sumber daya manusia atlet dan pelatih juga lebih optimal, tentu saja dengan pendekatan sport science,” tandas Bona, yang juga pengacara ini.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisaya Provinsi Jateng, Sinoeng N. Rachmadi dalam sambutan tertulis menyampaikan tugas seorang pelatih membantu atlet mencapai puncak prestasi.

“Penyusunan program latihan yang terukur merupakan hal penting karena akan memberikan dasar yang kuat pencapaian puncak prestasi atlet,” katanya.

Sementara, Wakil Ketua Umum II KONI Soedjatmiko yang menjadi narasumber menyampaikan paparan garis besar program pembinaan prestasi tahun 2022-2025.

Jateng menurut Soedjatmiko merupakan provinsi yang memiliki potensi besar dalam melahirkan  atlet potensial. Banyak atlet Jateng berbakat yang berprestasi di tingkat nasional, bahkan juara dunia.

Selain Soejatmiko, dalam workshop, sejumlah pengurus KON Jateng memberikan materi, seperti Kabid  Bina Prestasi, Rumini membedah tentang teori latihan, Kabid Sport Science Iptek, Tri Rustiadi memaparkan tinjuan fisiologi dalam latihan olahraga.

Serta dosen FPOK Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Dikdik Zafar Sidik berbicara tentang penyusunan periodisasi program latihan. Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura juga menyampaikan materi workshop. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini