6 Softskills Penting yang Wajib Para Jobseekers Miliki

Ilustrasi. foto unsplash)

SIGIJATENG.ID – Mencari pekerjaan memang menjadi salah satu momok bagi para fresh graduate yang baru saja menyelesaikan studinya, mereka seringkali takut dan merasa tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan minatnya.

Sebenarnya kepercayaan diri setiap orang yang sedang melamar pekerjaan menjadi hal utama yang harus dimiliki sebelum mengasah skill lainnya. Biasanya setelah lolos pada tahap pertama berupa tahap seleksi berkas, seorang kandidat akan dipanggil untuk melaksanakan tahap kedua yakni interview.

Kebanyakan perusahaan saat ini memililih jenis behavioral event interview untuk mengefisiensikan waktu dan proses interview. Nah dari tahap interview tersebut ada skills yang dapat dilihat oleh rekruter dari kandidat ketika ia menjawab setiap pertanyaan rekruter.

BEI atau Behavioral Event Interview itu sering digunakan karena dapat mengefisiensikan waktu dan membuat proses interview tersebut konsisten dan tidak bertele-tele, juga mengurangi terjadinya bias dalam proses rekrutmen.

Terdapat 6 soft skills penting yang dapat digali ketika interview berlangsung, apa saja skill tersebut? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

  1. Adaptasi

Karyawan yang memiliki adaptasi yang baik lebih disukai dan biasanya dapat meraih outcome yang lebih baik karena mereka terbiasa menggunakan beberapa strategi yang diimplementasikan.

  1. Culture add

Culture Add lebih disukai daripada Culture Fit karena perusahaan yang menerapkan Culture Add akan membantu perusahaan dalam inovasi dan transformasi budaya melalui nilai tambah yang dibawa karyawan baru dari luar.

  1. Kolaborasi

kolaborasi meningkatkan produktivitas, moral, dan ketertiban. Tetapi ketika orang tidak pandai berkolaborasi, mereka dapat menjadi hambatan bagi rekan kerjanya.

  1. Leadership

Karyawan yang memiliki leadership yang tinggi biasanya sukses karena mereka memiliki kemampuan untuk menginspirasi, memotivasi, dan dapat melepas potensi orang lain, jika leadershipnya kurang maka dapat membuat tim nya memiliki motivasi yang rendah dan ada potensi untuk resign

  1. Growth potential

Kebanyakan kandidat lebih menyukai meningkatkan skill dan performa karir mereka, tidak hanya melakukan pekerjaan yang sama. Jika perusahaan memilih kandidat seperti ini dapat dipastikan karyawan memiliki rasa loyal yang tinggi dan bertahan di perusahaan lebih lama

  1. Prioritas

Perusahaan lebih menyukai karyawan yang dapat mengatur waktu mereka secara efektif dan memperhatikan secara detail pekerjaannya, terutama jika pekerjaan tersebut memiliki timeline yang ketat atau memiliki batas waktu di setiap project nya. Hal ini berguna agar karyawan tidak salah mengambil langkah sehingga dapat mempengaruhi pekerjaan maupun rekan kerjanya.

Nah sudahkah kalian paham mengapa 6 soft skills diatas sangat penting? Selain pintar akademik, seorang kandidat harus bisa pintar menguasai skills yang disebutkan di atas. (akhida)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini