5 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Obati Maag!

5 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Obati Maag! (foto : freepik.com)

SIGIJATENG.ID –  Kunyit merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok rempah-rempah yang dikenal dengan ciri khas berwarna kuning cerah. 

Selama ini kunyit sangat populer untuk digunakan sebagai bumbu dapur dalam berbagai masakan Indonesia. Selain itu, tumbuhan berwarna kuning ini juga dikenal sebagai bahan utama dalam racikan jamu tradisional yang dipercaya bisa mengobati berbagai masalah kesehatan.

Kunyit memberikan beberapa kandungan bermanfaat bagi tubuh, yaitu kandungan kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, minyak atsiri.

Dengan adanya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, sehingga dapat dikonsumsi sesuai dengan takaran. Dilansir dari laman Kemenkes, berikut 5 manfaat Kunyit untuk kesehatan!

1. Sebagai antidepresan

Kunyit ternyata memiliki manfaat besar dalam proses mengobati kondisi depresi yang dialami oleh seseorang. Kandungan pada kunyit dipercaya memiliki efek sebagai antidepresan sehingga mengkonsumsi kunyit bisa membuat gejala depresi berkurang.

2. Mengurangi Nyeri saat Haid

Bagi wanita yang mengalami haid, terkadang perut terasa nyeri dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Untuk para perempuan pasti sudah tidak asing dengan jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim. 

Kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel epitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

3. Obat Alergi

Kunyit memiliki kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin. Kandungan ini berfungsi sebagai senyawa anti-alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh.

4. Mengurangi Rasa Mual

Kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut terasa ringan dan lega
sehingga mengurangi rasa mual.

5. Mengobati Maag

Jika sedang mengalami nyeri maag, kamu bisa mencoba mengkonsumsi larutan kunyit terlebih dahulu dan minum secara rutin. Kunyit dapat membantu mengurangi frekuensi kambuh gejala maag.
Kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

Nah itu dia 5 manfaat kunyit untuk kesehatan. Semoga bermanfaat! (dimas)

Artikel Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here