5 Manfaat Kencur bagi Kesehatan Tubuh, Ini Penjelasannya

Ilistrasi - 5 Manfaat Kencur bagi Kesehatan Tubuh (foto : freepik.com)

SIGIJATENG.ID – Kencur merupakan tanaman herba yang memiliki aroma dan cita rasa unik. Memiliki nama latin Kaempferia galanga, tanaman ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Kamboja, Thailand, dan Malaysia. 

Selain itu, kencur juga masih kerabat dekat dari tanaman kecombrang, temu ireng dan jahe yang sudah lama dikenal sebagai obat tradisional.

Manfaat kencur telah lama dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu obat tradisional yang baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman herba yang sering dikonsumsi sebagai jamu atau bumbu masakan ini bahkan disebut memiliki kemampuan untuk mencegah maupun mengatasi penyakit.

Adapun manfaat kencur untuk kesehatan tubuh, tidak terlepas dari adanya kandungan nutrisi. Seperti protein, serat, mineral, seperti kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, selenium, zinc, vitamin C, vitamin B, vitamin K, dan folat. Selain itu, dalam tanaman ini juga terkandung minyak esensial dan senyawa yang bersifat antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antinyeri.

Dilansir dari Alodokter, berikut 5 manfaat kencur bagi kesehatan:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Tanaman ini telah lama dipakai untuk mengatasi penyakit hipertensi karena berdasarkan studi di mana kencur mengandung senyawa kalium, antioksidan, dan senyawa diuretik. Adanya senyawa tersebut diketahui bisa menurunkan tekanan darah, menjaganya tetap stabil dan baik untuk melancarkan sirkulasi darah.

2. Membasmi bakteri penyebab penyakit

Ekstrak kencur diketahui mengandung minyak esensial yang bersifat antibakteri. Beberapa riset menunjukkan bahwa kandungan antibakteri pada kencur dapat membasmi kuman di kulit, gigi dan gusi, serta saluran pernapasan.

Manfaat kencur bahkan dipercaya dapat mematikan kuman Mycobacterium tuberculosis penyebab TBC. Akan tetapi, sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas dan tingkat keamanan kencur sebagai obat untuk mengobati penyakit infeksi masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Mengatasi nyeri dan peradangan

Dalam kencur terdapat kandungan zat yang mempunyai sifat antinyeri dan antiradang. Pada saat tubuh kamu mengalami peradangan atau nyeri dengan obat herbal ini dapat diatasi. Bahkan kencur sudah dikenal sejak dulu dan biasanya digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit kepala, sakit gigi, dan radang sendi.

4. Dapat mengurangi stres

Tanaman kencur juga dikenal dapat memberikan efek yang menenangkan pikiran dan juga meredakan rasa cemas seperti stres. Adapun efek ini bisa kamu peroleh saat menghirup aromaterapi yang mengandung bahan dasar kencur. 

5. Menangkal radikal bebas

Kencur adalah salah satu tanaman herba yang mengandung antioksidan yakni flavonoid dan kandungan ini bisa menangkal kerusakan akibat radikal bebas seperti misalnya asap rokok atau polusi. 

Demikian informasi terkait manfaat kencur bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat (dimas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini