4 Negara Sebagai Produsen Keju Terbesar di Dunia, Lihat Datanya

Keju. (foto unsplash)

SIGIJATENG.ID – Negara mana sih yang jadi produsen keju terbesar di dunia? Coba jawab dalam hati, lalu buktikan dengan artikel berikut ini!

Keju merupakan salah satu bahan makanan yang populer. Selain lezat, keju juga mengandung kalsium dan protein yang bermanfaat bagi tubuh. Sebenarnya negara mana, sih, yang paling banyak menghasilkan keju?

  1. Amerika Serikat

Melansir Atlas Big, Amerika Serikat merupakan produsen keju terbesar di dunia dengan produksi sekitar 5.584.857 ton per tahun. Sekitar 1/4 darinya berasal dari California, Wisconsin, dan Idaho.

Produsen terbesar keju di Amerika Serikat berada di negara bagian California dan Wisconsin. Harga bahan baku yang cukup murah dan didukung modal yang tinggi membuat negara ini mampu memproduksi keju dalam jumlah yang amat besar.

Ada beragam jenis keju yang diproduksi namun keju Parmesan dan Mozarella menjadi favorit. Meskipun sebagai negara penghasil keju tetapi kebudayaan terhadap produksi keju tidak terlalu mengakar kuat di Amerika, terbukti dari sulitnya menemukan keju tradisional yang dibuat secara turun temurun. Hal ini disebabkan karena keju berorientasi terhadap industri.

  1. Jerman

Jerman dapat menghasilkan 2.740.582 ton keju per tahunnya dan mengekspor setengahnya ke berbagai negara lain. Pusat produksinya ada di negara bagian Bavaria. Ada sekitar 600 jenis keju yang diproduksi, mulai dari keju muenster dan allgäuer emmentaler hingga quark (produksi susu kental).

Daerah penghasil keju terbesar di Jerman dapat ditemukan di wilayah Jerman Utara, Saxony Anhalt, Bavaria, Schleswig Holstein, dan Mecklenburg. Kondisi geografis yang mendukung sangat cocok untuk pengolahan susu menjadi keju yang berkualitas.

  1. Perancis

Masyarakat Prancis gemar menyantap keju sebagai teman camilan ketika meminum wine. Jadi tidak mengherankan kalau produksi keju Prancis cukup tinggi. mereka menghasilkan 1.886.044 ton per tahun dengan 1.000 macam jenis keju.

Perancis memiliki keunikan di antaranya karena keragaman produk kejunya, mulai dari keju comté sampai beaufort atau fourme d’Ambert, tak lupa keju emmental atau gruyère. Kesemuanya itu merupakan keju-keju paling masyhur. Jenis keju gruyère menjadi sorotan di awal tahun 2013.

  1. Italia

Italia ada di peringkat keempat dg jumlah produksi 1.253.842 ton per tahun. Umumya, keju-keu di Italia digunakan sebagai topping pizza, pasta serta panini (sejenis roti asal Italia). Parmigiano reggiano dan keju asiago merupakan jenis keju Italia yang paling populer.

Untuk itu produksi keju di negara Italia ini sangat tinggi yakn mencapai 1,3 juta ton setiap tahunnya. Keju sudah menjadi salah satu bahan utama di setiap masakan Italia dengan keju terkenalnya yakni keju Mozarella.

Keju Mozarella memiliki tekstur yang lembut, mudah meleleh, dan sangat cocok disajikan untuk aneka jenis masakan. Perlu diketahui jika bahan baku keju Mozarella tidak hanya berasal dari susu sapi saja namun juga campuran susu kerbau.

Manakah jenis keju yang anda sukai? Sebenarnya beberapa jenis keju yang sudah disebutkan di atas dijual bebas di Indonesia. (akhida)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini