12.400 Tenaga Pendidik Keagamaan di Kendal Terima Bantuan Dana Hibah, Total Nilainya 12,4 Miliar

Ilustrasi bantuan dana hibah (Foto: pixabay.com)

Kendal (Sigijateng.id) – Pemerintah Kabupaten Kendal menyalurkan bantuan dana hibah senilai Rp 12,4 miliar diberikan kepada 12.400 tenaga pendidik keagamaan dari NU, Muhammadiyah, Rifaiyah dan Badan Kerjasama Gereja Kristen dan Gereja Katolik (BKGK2) di Kabupaten Kendal.

Berdasarkan Perda No.4 Tahun 2022, hibah bagi guru agama ini akan diberikan rutin setiap tahun. Penyaluran bantuan dana hibah oleh Pemkab Kendal tersebut digelar di Gedung Dakwah PD Muhammadiyah Kabupaten Kendal, Senin (23/5/2022).

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, penyaluran bantuan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada para tenaga pendidik keagamaan yang ada di Kabupaten Kendal. Di tahun 2022 ini masing-masing tenaga pendidik baru mendapatkan Rp 1 juta per orang.

“Ini sangat penting sekali dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Kendal, yang mana ini menjadi fokus Pemerintah Pemerintah Kabupaten Kendal saat ini,” kata Dico didampingi Kadisdikbud Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi.

Kedepan, pihaknya akan terus berupaya selalu memberikan yang terbaik dan meningkatkan dana hibah. Bupati Dico meminta kepada para guru keagamaan untuk terus memberikan yang terbaik kepada para peserta didiknya dalam meningkatkan SDM yang lebih baik lagi kedepannya.

“Kabupaten Kendal ini memiliki potensi yang luar biasa, namun kalau tidak diimbangi dengan SDM yang memadai bisa menjadi bahaya. Maka dari itu, kita harus terus berkolaborasi bersama untuk memastikan sudah mempersiapkan SDM yang baik,” harapnya.

Ketua BKGK2 Kabupaten Kendal, Nathanael mengatakan, saat ini ada 403 tenaga pendidik di Badan Kerjasama Gereja Kristen dan Gereja Katolik di Kabupaten Kendal. Menurutnya, ada peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 393 tenaga pendidik di BKGK2.

“Tahun lalu ada 393, dan tahun 2022 ini bertambah sepuluh tenaga pendidik di BKGK2 Kabupaten Kendal. Ya kami bersyukur dan mendukung pemerintahan ini, sambil berharap, ke depannya bisa ditingkatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal, Ikhsan Intizam menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal. Sebab bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi tenaga pendidik atau guru keagamaan di Kabupaten Kendal.

Senada dikatakan perwakilan Rifaiyah Kabupaten Kendal, Mustaghfirin. “Semoga kedepan, dana hibah untuk tenaga pendidik di Kabupaten Kendal bisa ditingkatkan. Kalau ini Rp 1 juta per tahun, ke depan mungkin bisa meningkat dan lebih besar dari sekarang,” ucapnya.

Adapun rincian bantuan hibah untuk 4 lembaga bagi penyelenggara pendidikan keagamaan di Kendal tahun 2022 total nilai sebesar Rp.12.400.000.000 adalah sebagai berikut. Rp.11.364.000.000 (NU), Rp.454.000.000 (Muhammadiyah), Rp.179.000.000 (Rifaiyah), dan Rp.403.000.000 (Gereja Kristen & Katolik). (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini