11 Napi Bandar Narkoba Lapas Semarang Mendadak Dipindah ke Nusakambangan

Suasana pemindahan mendadak 11 Napi Lapas Semarang dipindahkan ke Lapas Super Maximum Security Karanganyar Nusakambangan, Rabu (11/5/2022). (Foto: Dok. Humas Lapas Semarang)

Semarang (Sigijateng.id) – Sebanyak 11 Napi Lapas Semarang dipindahkan ke Lapas Super Maximum Security Karanganyar Nusakambangan. Hal itu dilakukan karena keberadaan mereka yang membuat peredaran narkoba di dalam Lapas semakin massif.

Pemindahan sendiri dilakukan secara mendadak oleh petugas pada pukul 01.45 WIB, Rabu dini hari (11/5/2022). Narapidana yang dipindahkan ke Maximum Security Nusakambangan dengan kategori bandar narkoba yang diantaranya divonis hukuman mulai dari 5 tahun hingga 17 tahun.

Sekitar pukul 7.30 WIB pagi, pemindahan 11 narapidana kasus narkoba ini tiba di Dermaga Wijayapura dan diseberangkan ke pulau Nusakambangan dengan menggunakan kapal dan pengawalan ketat oleh enam petugas Lapas serta dua anggota kepolisian.

Untuk memastikan keamanan, petugas juga memeriksa fisik para narapidana dan penggeledahan serta memastikan berkas-berkas narapidana yang akan dipindahkan telah lengkap.

Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji mengatakan pemindahan narapidana kategori bandar dan pengendali narkoba ini dilakukan untuk mencegah dan memutus mata rantai peredaran narkoba di Lapas Semarang.

“Pemindahan narapidana bandar narkoba ini adalah upaya memutus mata rantai peredaran Narkoba di Lapas,” jelas Tri Saptono.

Pemindahan narapidana ini juga bertujuan untuk meminimalisir adanya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

“Kami komitmen terus memerangi Narkoba dan tidak main-main akan mengirimkan narapidana kategori bandar ke Lapas Super Maximum Security Nusakambangan untuk memutus jaringan peredaran Narkoba,” terangnya.

Kalapas Semarang juga menegaskan apabila ada petugas yang terbukti terlibat akan diganjar hukuman sesuai dengan tindakannya baik sanksi secara kedinasan, peraturan tindakan disiplin, maupun sanksi pidana. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini