10 Kegiatan ini Bikin Anda Makin Rileks di Akhir Pekan

Ilustrasi Rileks (foto unsplash)

SIGIJATENG.ID – Akhir pekan memang jadi waktu yang tepat untuk bermalas-malasan, rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari yang kadang membuat kita jadi merasa stress. Namun, bermalas-malasan seharian juga belum tentu buat kita merasa rileks lho.

Apalagi jika hanya diisi dengan rebahan di kasur kesayangan seharian penuh, manfaatkan weekend anda dengan kegiatan yang dapat recharge energi anda selain rebahan saja! Simak beberapa alternatif kegiatan di bawah ini.

  1. Jalan pagi sambil menghirup udara segar

Di hari biasa anda tidak punya waktu untuk jalan pagi? Nah, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk anda memulai jalan pagi! Sinar matahari pagi dan kondisi udara yang masih bersih saat jalan pagi bisa membuat tubuh dan pikiran anda jadi makin relaks.

Tentunya, dengan udara yang lebih sehat, hal ini akan berdampak baik untuk kesehatan paru-paru, gula darah, jantung, dan tulang. Selain menyehatkan, anda juga bisa refreshing sambil melihat pemandangan kota.

  1. Coba memanjakan diri

Sering merasa burnout dan butuh me-time? Coba, yuk, mulai aktivitas self care seharian! Anda bisa pergi ke salon untuk melakukan spa, creambath, pijat, waxing, atau merawat diri di rumah dengan luluran, scrub, maskeran, berendam di bathub, yoga, atau kegiatan memanjakan diri lainnya.

  1. Menata kamar tidur

Kamar anda terlihat seperti kapal pecah? Coba tata ulang kamar tidur biar terlihat lebih rapi dan menarik, yuk!

Kamar berantakan itu bisa membawa mood jelek, lho. Jadi, segera hilangkan hawa negatif di kamar tidurmu dengan merapikan dan menata ulang kamar.

  1. Mulai melukis dengan paint by numbers

Buat anda yang baru memulai hobi melukis, coba kegiatan yang sedang ngehits satu ini, yuk! Yap, melukis dengan teknik paint by numbers! Akhir-akhir ini, banyak sekali online shop yang menjual lukisan teknik paint by numbers dengan berbagai macam pilihan gambar.

  1. Membaca buku favorit

Siapa bilang membaca buku itu membosankan? Buku bisa membawa imajinasi ke dunia lain yang seakan-akan memberikan anda ruang untuk lari dari kenyataan untuk sementara. Bahkan, menurut jurnal dari Social Science & Medicine, membaca buku dapat memperpanjang usia, lho.

Selain menambah wawasan, menenggelamkan diri dalam bacaan yang seru juga dapat mengurangi rasa stres.

  1. Rencanakan Road Trip

Kalau merasa weekend terlalu singkat untuk pergi berlibur ke tempat jauh, coba rencanakan road trip ke destinasi di sekitar tempat tinggal anda.

Anda bisa ajak orang tersayang untuk menghabiskan waktu berlibur dengan mengendarai mobil untuk mengeksplorasi berbagai tempat wisata seru. Bahkan, terkadang, anda juga bisa menemukan spot keren saat dalam perjalanan yang pastinya di luar dugaan anda. Seru banget, kan?

  1. Piknik di tengah kota

Bersantai sambil tiduran di tengah taman yang luas, membawa bekal makanan enak, bercanda, dan mengobrol bersama orang terdekat, pasti bikin anda super relaks. Jangan lupa juga bawa kamera andalan anda untuk mengabadikan momen seru ini, ya!

  1. Lakukan aktivitas outdoor

Memilih melakukan aktivitas outdoor saat pandemi memang terasa lebih aman. Selain itu, aktivitas di luar ruangan juga tidak membosankan, lho. Apalagi kalau aktivitasnya membuat anda lebih menyatu dengan alam, bisa jadi kegiatan seru untuk melepas stres, deh!

Ada banyak aktivitas outdoor yang bisa dilakukan saat weekend, coba hiking, climbing, camping, bersepeda, diving, snorkeling, atau memancing, deh. Kapan lagi, kan, bisa eksplorasi hobi baru sambil refreshing?

  1. Coba resep baru

Jika anda lebih memilih untuk menghabiskan waktu weekend di rumah saja, memasak bisa jadi kegiatan seru yang menyenangkan, lho. Anda bisa coba mengulik resep baru di internet di rumah.

Selain melatih skill memasak, hal ini juga bisa membantu meningkatkan kreativitas anda. Kalau hasil akhir dari makanannya enak, nggak hanya perut dan lidah sendiri yang senang, pasti orang-orang di rumah juga jadi ketagihan, kan?

  1. Main permainan kartu

Ada alternatif lain bagi anda yang bosan bermain kartu UNO atau remi saat sedang bersama teman-teman. Cobalah permainan kartu Truth or Dare.

Bukan soal menang atau kalah, permainan kartu truth or dare ini akan membuat anda dan teman-teman anda menjawab atau melakukan sesuatu yang sudah tertulis di setiap kartu tersebut.

Semakin seru pertanyaan atau tantangannya, maka akan semakin lama permainan berakhir. Yuk, ajak teman-teman untuk bermain kartu ini! (akhida)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini