Yu Babon Garapan Bayu Gendhut Makin Menggigit

SOLO (Sigi Jateng) – Bayu Gendhut seniman teater dengan cerdasnya menjawab fenomena sosial, sebuah cerita Yu Babon adalah bukti karyanya yang menyaksikan fenomena sosial, jauh dari gossip dan disajikan dengan sederhana.

“Yu Babon disajikan dengan gayanya yang ringan dan jenaka, menceritakan kisah-kisah Yu Babon perempuan yang suka menggoda lekaki beristri dan selalu gagal dalam menaklukan hati laki-laki,” kata Bayu Gendhut kepada SIGI JATENG. Senin, (15-3-2021)

Menurutnya, dalam episode Yu Babon ke tiga ini, menceritakan Yu Babon ingin perawatan kulit secara alami, agar bisa menarik hati mas Dedi lelaki beristri tapi dia ingin perawatan kulit dengan cara berbeda. Lalu dia bertanya kepada Sisri seorang guru honorer yang kebetulan pernah bekerja di salon kecantikan. Maka kesempatan ini dipergunakan oleh Sisri untuk membalas kepada yu Babon kebetulan yu Babon pernah membuatnya sakit hati. Sisri mendapat kesempatan untuk balas dan memberi tahu kalau ada perawan kulit dengan metode arem – arem, hal ini dilalukan Sisri hanya untuk memberi pelajaran kepada Yu Babon. Ternyata usaha Sisri berhasil dan Yu Babon mukanya memerah dan malahan jadi rusak.

“Yu Babon ini adalah perempuan yang suka nyinyir pada setiap orang dan selalu ada perasaan iri dan dengki setiap orang yang ditemuinya. Nyinyir atau menyalahkan orang lain adalah caranya untuk melindungi harga diri dan traumanya akan kepahitan di masa lalu,” terang Bayu seraya menambahkan cerita ini membawa pesan bahwa kesombongan diri harus di ubah dengan cara-cara positif dengan berpikir positif pada orang lain.

Pemeran Yu Babon, Fransillina Dewi, menuturkan, untuk memerankan Yu Babon dibutuhkan continyutas yang baik, karena cerita bersambung dan setiap cerita memiliki karakter yang berbeda, maka aku selalu mempelajari karakter Yu Babon dari episode sebelumnya. Jangan sampai monoton dan akhirnya membosankan dalam memerankan Yu Babon. Oleh karena itu perbedaharaan peran harus banyak, apalagi karakter judes dan nyinyir tidaklah gampang diperankan dalam setiap episode atas arahan sutradara.

“Aku dituntut harus nyinyir pada setiap orang, terutama Sisri yang diperankan oleh Galuh Sekar Ayu. Semakin banyak karakter aku bawakan, semakin besar tantanganku untuk berperan dengan baik. Disamping itu dibutuhkan observasi dalam memerankan Yu Babon. Pernah suatu ketika peran Yu Babon aku praktekan dalam kehidupan sehari-hariku, ternyata orang-orang menjauhiku bahkan ada marah padaku. Ini berarti sukma peran Yu Babon telah masuk dalam karakter peranku,” turur Fransillina.

Sebagai informasi bahwa para pemain sebelum shotting harus melalui proses latihan dulu, agar pemain dapat menghayati perannya. Di samping itu juga costum dan make up dalam episode ini mulai kami garap serius agar menarik untuk di sajikan.
Dalam episode ini, pemain-pemain terdiri dari Fransillina dewi, Lola Widya Putri, dan Galuh Sekar Ayu, S,Pd, penata musik Sri Wahyu Wulung, penata kamera/ editing Abed Nego. Disajikan dalam kanal Youtube BAYU SEHAT SELALU. (Riya)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here