Wujudkan Herd Immunity, Binda DIY Gelar Vaksinasi Covid-19 Sasar Lansia hingga Seniman

Binda DIY menggelar vaksinasi Covid-19 menyasar masyarakat di Cerme, Panjatan, Kulon Progo, Kamis (9/12/2021). Foto: Istimewa

Kulon Progo (Sigijateng,id) – Kejar dan tingkatkan herd immunity, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bersama dengan Badan Intelijen Daerah (Binda) DIY terus berupaya menuntaskan vaksinasi Covid-19 di masyarakat.

Kali ini mereka menyasar masyarakat di Kelurahan Cerme, Kapanewon Panjatan, mulai dari lansia hingga seniman. Vaksinasi ini dipusatkan di Balai Kelurahan Cerme dengan target 150 dosis tahap pertama dan 240 dosis tahap kedua.

BIN dan petugas dari Puskesmas Panjatan juga melaksanakan vaksinasi door to door kepada masyarakat, untuk menyasar lansia dan warga yang mengalami keterbatasan akses.

“Kami terus berupaya mengentaskan vaksinasi ini untuk mewujudkan herd immunity pada akhir 2021,” kata Koordinator Vaksinasi Covid-19 Binda DIY wilayah Kulonprogo Wury Atmaja, Kamis (9/12/2021).

Wury mengimbau warga yang sudah divaksin tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Begitu juga ketika menghadapi Natal dan tahun baru diminta tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan untuk mengantisipasi ancaman gelombang tahap ketiga.

Dukuh VIII Cerme, Suyono menyambut baik pelaksanaan vaksinasi ini. Apalagi ada tim yang melakukan vaksinasi secara door to door menyasar lansia dan warga yang mengalami keterbatasan fisik ketika harus mengakses ke layanan kesehatan.

Suyono juga mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi ini juga menyasar anak-anak muda yang merupakan para seniman jathilan Sekar Kusumo. Setidaknya ada 25 pemain jathilan yang saat ini semuanya sudah mendapatkan vaksin.

Harapannya ketika kondisi sudah memungkinkan mereka bisa pentas dan tampil ke publik karena sudah divaksin. “Semoga semuanya sehat dan kondisi terus membaik agar bisa pentas lagi,” katanya.

Capaian vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo sudah mencapai 86,6 persen untuk dosis pertama dan 75,6 persen untuk dosis kedua. Harapannya pada akhir tahun nanti bisa terwujud 100 persen warga tervaksin. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini