Warisan Leluhur, Rasa Getuk Goreng Mbah Wiro Klaten Bikin Ketagihan

KLATEN ( Sigijateng.id ) – Kalau Kabupaten Banyumas memiliki getuk Sokaraja, Salatiga terkenal dengan getuk kethek, ternyata Klaten Bersinar tidak kalah. Getuk buatan Sri Hartini warga Keden, Gumulan, Klaten Tengah, Klaten yang dikenal dengan Getuk Goreng Mbah Wiro, juga memiliki rasa yang bikin ketagihan.

Sekali getuk ini dicicipi pasti ingin menambah lagi. Jadi mau makan getuk goreng, bisa didapatkan di outlet Getuk Mbah Wiro di Dukuh Keden, Gumulan, Klaten Tengah, persis di depan Gardu Induk PLN.

Sri Hartini yang juga perangkat desa Gumulan menuturkan kalau camilan getuk goreng ini adalah warisan leluhur. Neneknya dulu yang sudah lama merintis. Sekarang generasi cucunya yang meneruskan.

“Dulu nenek saya yang namanya Mbah Wiro itu penjual tapai dan getuk. Usaha ini diteruskan ibu saya yakni membuat getuk goreng. Dulu buatnya hanya ketela ditumbuk saja. Sekarang oleh anak laki-laki saya yang kreatif dimodifikasi seperti getuk Sokaraja. Jadi kalau mau makan getuk goreng, warga Klaten tidak harus jauh-jauh ke Banyumas. Datang saja ke tempat kami di Gumulan persis di depan PLN Keden, Klaten” tutur Sri kepada Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten Selasa (27/04/21).

Sri Hartini yang juga bergabung dalam Komunitas Emak-Emak Pintar Klaten bagian dari Satgas Berdaster penanganan covid 19 di Desa Gumulan itu berharap warga Klaten lebih kreatif memanfaatkan produk lokal contohnya ketela. Karena Kabupaten Klaten kaya hasil bumi.

“Masyarakat perlu lebih mencintai produk lokal. Contohnya getuk itu bahan dan cara membuatnya juga mudah. Semoga ibu-ibu lain mempunyai ide lain untuk memproduksi dengan bahan lokal di Klaten sehingga menambah pendapat keluarga,” tambahnya.

Bagi masyarakat yang ingin membeli atau pesan getuk goreng asli Klaten, cukup mendatang outlet Getuk Mbah Wiro setiap hari dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB bertempat di RT 01 RW 10 Desa Gumulan, Klaten Tengah. Konsumen bisa memilih paket hemat seharga Rp5 ribu atau paket spesial seharga Rp10 ribu. (aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here