Viral Obat Covid-19 di Media Sosial, Walikota Semarang dan Kadinkes Kota Semarang Beri Jawaban

Tangkapan layar akun twitter sashi @svsxic yang menanyakan beredarnya obat covid-19 kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Viral di media sosial twetter seorang warga mengupload sebuah obat covid-19 untuk orang-orang yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Warga yang menggunakan akun twitter sashi @svsxic itu menuliskan caption bahwa dirinya adalah salah satu pasien covid-19 dan mendapatkan obat tersebut dari ketua RT setempat. Akun tersebut pun mengcolect akun Gubernur Jawa Tengah @ganjarpranowo dan Walikota Semarang @hendrarprihadi.

“Bapak @ganjarpranowo & @hendrarprihadi, jd kmrn saya isoman, lalu dpt bantuan obat ini dr RT. Ternyata izin POM nya masih proses tp sudah bisa beredar(?)” cuit akun @svsxic yang bertanggal Selasa 13 Juli 2021.

Obat gratis yang dibagikan kepada pasien Covid yang melakukan isolasi mandiri tersebut masih dalam kategori proses izin BPOM.

Akun sashi @xvsxic itu pun menyebut bahwa obat gratis bagi pasien Covid yang belum mendapat izin edar BPOM tersebut. Namun kata dia, obat tersebut sudah dibagikan pada pasien isoman yang ada di asrama.

Akun tersebut meminta pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang diminta untuk menindaklanjuti kejadian tersebut.

“Bahkan sampai ke asrama buat isoman. Mohon ditindak lanjuti nggih pak,” tulisnya kembali.

Akun @svsxic juga membagikan tautan jenis obat yang dimaksud belum mendapat izin BPOM namun sudah edar dan dibagikan ke pasien isoman.

Mendapat colekan dari akun tersebut, Walikota Semarang Hendrar Prihadi lantas menanyakan alamat dari pasien Covid yang isoman mendapat obat gratis yang masih dalam proses izin BPOM tersebut, sembari mencolek akun resmi Dinas Kesehatan Kota Semarang.

“domisili mana njeh? @dkksemarang,” jawab @hendrarprihadi, Rabu (14/7/2021).

Diketahui pasien Covid isoman yang mendapati obat gratis dengan izin BPOM masih proses rupanya warga Karangnongko Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan.

“Saya di Karangnongko Pak, kel. Wonosari Kec. Ngaliyan. Beberapa temen saya yg isoman jg dapat, dan yg di asrama buat isoman jg ada obat ini pak,” tulis @svsxic.

Beberapa netizen juga turut memberi komentar dan mengalami hal yang sama mendapat obat gratis serupa yang belum mendapat izin edar BPOM.

“gajelas bgt ga ada bpom nya masih proses kok boleh edar,” tulis @hayameurk.

“label POMnya dalam proses tapi udah diedar,” kata @bukannfakboi.

“Tiati. Obat harus rekomendasi dari puskesmas,” tuis @xxxjeurleys.

“aku pas isoman di asrama pd dapet kek gini , cuma aku ngga dapet , itu kayanya obat batuk,” kata akun @kikaenaktau.

Sementara itu, Kepala Dinas Kota Semarang M. Abdul Hakam saat dikonfirmasi mengaku semua obat gratis yang diberikan pada pasien Covid isoman melalui pihak Puskesmas.

Pihaknya juga menjamin obat yang diberikan pihak Puskesmas diantaranya adalah jenis antibiotik dan vitamin tidak ada masalah, baik soal izin dan keamanan untuk dikonsumsi.

“kalau yg diberikan oleh puskesmas antibiotik atau vitamin tdk ada masalah,” singkatnya melalui pesan WhatsApp, pada Rabu (14/7/2021).

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini